Santai

Perempuan Wajib Tahu, Ini 5 Cara Jaga Kebersihan Daerah Intim

Perempuan Wajib Tahu, Ini 5 Cara Jaga Kebersihan Daerah Intim

MOMSMONEY.ID - Perempuan wajib tahu, ini beberapa aturan dan cara untuk menjaga kebersihan daerah intim yang perlu diperhatikan.

Menjaga kebersihan daerah intim tentu perlu dilakukan pria dan perempuan. Tapi tentunya, daerah intim perempuan memerlukan perhatian lebih.

Ada beberapa aturan dasar yang perlu diketahui untuk menjaga kebersihan daerah intim perempuan.

Baca Juga: Emily In Paris Season 3 Tayang Hari Ini, Berikut 5 Rekomendasi Tontonan Serupa

Berikut beberapa aturan dan cara mudah untuk jaga kebersihan daerah intim perempuan yang bisa dilakukan secara rutin:

Cuci tangan

Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan hingga bersih sebelum menyentuh area intim perempuan. Cucilah tangan dengan bersih menggunakan sabun sebelum menyentuh area intim.

Pastikan juga untuk tidak membersihkan area intim dengan menggunakan sabun, ya.

Gunakan celana dalam katun

Bahan yang digunakan untuk membuat celana dalam juga perlu untuk diperhatikan. Untuk menjaga kebersihan daerah intim, sebaiknya gunakan celana dalam berbahan katun yang nyaman dan sesuai ukuran.

Hindari menggunakan celana dalam berukuran terlalu ketat agar sirkulasi di daerah intim tetap bisa berjalan lancar. Pastikan untuk menjaga daerah tersebut selalu kering, ya.

Baca Juga: 5 Faktor yang Memengaruhi Ukuran Payudara Wanita

Bersihkan secara rutin

Walaupun daerah intim memiliki mekanisme otomatis membersihkan, namun menjaga kebersihan daerah intim dengan membersihkannya secara rutin juga tetap perlu dilakukan.

Laman Health Line menyarankan, untuk membersihkan daerah intim saat mandi, setelah kencing atau BAB, dan juga setelah melakukan hubungan intim. Gunakan cara yang tepat dan tanpa menggunakan sabun dengan pH tinggi.

Kebersihan saat menstruasi

Melansir dari laman Pharm Easy, menjaga kebersihan daerah intim juga perlu dilakukan terutama saat sedang dalam masa menstruasi. Ganti produk intim seperti pembalut, tampon, atau menstrual cup setelah 4-5 jam penggunaan saat menstruasi.

Hal tersebut tentunya bisa menambah kenyamanan dan kebersihan saat menstruasi. Jangan lupa untuk selalu menggunakan produk intim yang bersih ya.

Bersihkan dengan cara tepat

Membersihkan daerah intim dengan cara tepat tentu perlu untuk diajarkan sejak dini. Setelah kencing atau saat mandi, pastikan untuk membersihkan area intim ke arah bawah untuk menghindari infeksi saluran kencing dan bakteri.

Cara tersebut juga perlu dilakukan dengan sama saat membersihkan cairan vagina setelah melakukan hubungan intim. Cucilah tangan dengan sabun terlebih dahulu sebelum dan sesudah membersihkan area intim, ya.

Perlu dilakukan secara rutin, itulah tadi beberapa aturan dasar dan cara mudah untuk merawat kebersihan daerah intim perempuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News