Perbedaan Susu Biasa, Susu Low Fat, dan Susu Skim, Mana yang Lebih Baik?

Reporter: Raissa Yulianti
Sabtu, 27 November 2021 | 11:05 WIB
Perbedaan Susu Biasa, Susu Low Fat, dan Susu Skim, Mana yang Lebih Baik?

MOMSMONEY.ID - Pernahkah anda kebingungan saat akan membeli susu? Mungkin jawabannya pernah. Ini disebabkan ada begitu banyak jenis susu yang beredar di pasaran, di antaranya ada susu biasa, susu low fat, dan susu skim.

Banyak yang mengira bahwa susu skim dan susu low fat merupakan 1 jenis susu yang sama. Tapi ternyata keduanya berbeda.

Baca Juga: Sibuk di Kantor Seharian? Simak Tips Tubuh Tetap Fit Meski Jarang Berolahraga

Mau tahu apa perbedaan keduanya? Merangkum dari Live Strong, Healthline, dan My Food Book, simak terus artikel ini!

Ditinjau dari lemaknya pada susu berukuran 1 cup (237 ml), maka susu skim dan susu low fat memiliki kandungan lemak yang cukup rendah. Apabila susu biasa memiliki kandungan lemak sebesar 3.25%, maka susu low fat sebesar 1% dan susu skim sebesar 0.5%.

Baca Juga: Resep Ayam Betutu Panggang Khas Pulau Dewata Bali

Bagaimana cara pembuatannya? Ternyata kedua jenis susu dimasak dengan cara memisahkan krim dari whey-nya. Itulah mengapa kedua jenis susu memiliki kandungan lemak yang sangat rendah.

Susu

Baca Juga: 6 Buah Penjaga Imun Tubuh, Sudahkah Anda Mengonsumsinya?

Kandungan nutrisi susu low fat pun sama baiknya dengan kandungan pada susu full cream. Susu low fat dan susu skim pun memiliki kandungan kalsium yang lebih banyak daripada susu biasa. Tapi untuk kalsium, susu skim memiliki kalsium tertinggi di antara yang lainnya

Dalam 1 cup susu skim (237 ml), terdapat kandungan kalsium sebesar 306 mg, sementara susu low fat memiliki 290 mg kalsium dan 276 mg kalsium untuk susu biasa.

Baca Juga: Dinobatkan Jadi Makanan Tersehat di Dunia, Kimchi Punya Segudang Khasiat Buat Tubuh

Sementara kandungan omega-3s dalam susu low fat nyatanya lebih tinggi daripada susu skim. Susu low fat mengandung 9.8 mg Omega-3s, sedangka susu skim hanya 2.5 mg saja.

Namun jelas, kandungan Omega-3s pada kedua jenis susu ini sangatlah rendah apabila dibandingkan dengan susu biasa yang mengandung 183 mg Omega-3s di dalamnya.

Baca Juga: Daftar Makanan Rendah dan Tinggi Purin yang Perlu Disimak Penderita Asam Urat

Mana yang Lebih Baik?

Lalu, di antara susu skim dan susu low fat, manakah yang lebih baik?

Menurut MomsMoney, Anda harus meninjau apa kebutuhan Anda terlebih dahulu sebelum memilihnya. Apabila anda butuh susu untuk diet, maka susu low fat, terutama susu skim adalah yang terbaik karena mengandung lemak yang sedikit.

Namun apabila anda butuh nutrisi yang kaya dalam segelas susu, maka pilihannya jatuh kepada susu biasa ataupun susu full cream karena susu ini memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang tidak berkurang, dibandingkan dengan susu skim dan susu low fat.

Selanjutnya: Merawat Kuku dengan Jenis-Jenis Perawatan Kuku Ini, Sudah Tahu?

Editor: Raissa Yulianti
Terbaru