Keluarga

Perbedaan Susu Almond vs Susu Kedelai, Manakah yang Lebih Menyehatkan?

Perbedaan Susu Almond vs Susu Kedelai, Manakah yang Lebih Menyehatkan?

MOMSMONEY.ID - Susu kedelai maupun susu almond kerap kali menjadi pengganti yang baik bagi para penderita alergi susu sapi. Namun, apa sih sebenarnya perbedaan antara keduanya dari segi nutrisi?

Susu almond dan susu kedelai sama-sama punya fungsi gizi yang sama baiknya dengan susu sapi. Kedua jenis susu ini juga mengandung lemak jenuh dengan kadar rendah sehingga dapat menyehatkan jantung.

Lantas, apa saja perbedaan antara susu almond dan susu kedelai? Dirangkum dari laman diffen, Wellseek, dan Medical News Today, berikut selengkapnya!

Bahan

Perbedaan susu almond dan susu kedelai dapat terlihat jelas dari bahan asalnya. Seperti namanya, susu almond terbuat dari bubuk almond & susu kedelai terbuat dari bubuk kedelai.

Baca Juga: Lada Hitam vs Lada Putih, Inilah 4 Perbedaan Utama Kedua Bumbu Masakan

Rasa

Susu almond

Baik susu almond maupun susu kedelai merupakan 2 jenis susu nabati yang dapat dikonsumsi mentah atupun matang. Namun rasa keduanya sangat berbeda.

Susu almond biasa hadir dalam jenis rasa tawar, vanilla, dan coklat. Susu almond cenderung punya cita rasa yang manis dan sedikit pedas.

Sementara susu kedelai hadir dalam jenis rasa tawar, vanilla, coklat, dan rasa original tanpa pemanis tambahan. Susu kedelai ini cenderung terasa sedikit asam jika tanpa pemanis tambahan. Maka dari itu biasanya susu kedelai dijual dengan telah menambahkan pemanis buatan/gula dalam jumlah yang rendah.

Baca Juga: 4 Jenis Kayu Manis di Seluruh Dunia, Salah Satunya Asli dari Indonesia Loh!

Tekstur

Susu Kedelai

Tekstur juga turut serta jadi salah satu perbedaan susu almond dan susu kedelai. Meski pada dasarnya semua susu bertekstur cair, namun kedua jenis susu ini punya tekstur yang tak sehalus susu sapi.

Untuk susu almond sendiri teksturnya bisa sedikit berbutir karena dihasilkan dari kacang almond yang ditumbuk halus dan dicampurkan dengan air.

Sementara susu kedelai punya tekstur yang berkapur karena dihasilkan dari kedelai yang direndam kemudian digiling dengan air.

Baca Juga: Perbedaan Mentega dan Margarin, Manakah yang Paling Pas untuk Baking?

Kandungan nutrisi

Perbedaan susu almond dan susu kedelai dapat dilihat dari kandungan nutrisinya. Susu kedelai punya keunggulan nutrisi di segala bentuk (mulai dari kandungan protein, magnesium, zat besi, fosfor, vitamin B1, A, Potasium, serta kandungan lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan jantung) jika dibandingkan dengan susu almond.

Sementara susu almond itu sendiri lebih unggul daripada susu kedelai dalam hal: kandungan karbohidrat, vitamin B2 (riboflavin), kalsium, sodium, vitamin D, serta lebih rendah kalori.

Perlu diketahui bahwa kalsium yang terdapat pada susu almond adalah 188 mg sementara susu kedelai hanya 25 mg.

Untuk protein yang terdapat pada susu almond hanya 0,42 gram, sementara susu kedelai sebanyak 3,27 gram.

Baca Juga: 6 Perbedaan Gula Aren, Gula Jawa, dan Gula Merah yang Harus Anda Ketahui

Manfaat bagi tubuh

Meski kedua susu ini sama-sama menyehatkan, namun susu almond dan susu kedelai punya perbedaan yang cukup jelas bagi kesehatan.

Susu almond punya manfaat sebagai susu yang rendah lemak, rendah kalori, baik untuk jantung, serta alternatif bagi yang alergi terhadap susu sapi.

Sementara susu kedelai punya manfaat yang lebih luas bagi kesehatan tubuh, terutama organ reproduksi, di antaranya sebagai:

  1. Alternatif pengganti susu sapi
  2. Untuk membantu meredakan gejala menopause
  3. Mencegah kanker prostat.

Baca Juga: 5 Perbedaan Minyak Wijen vs Minyak Zaitun untuk Masakan, Sudah Tahu?

Brand susu

Perbedaan Susu Almond dan Susu Kedelai

Baik susu almond maupun susu kedelai sama-sama telah dijadikan sebagai jenis minuman susu komersil yang dapat diperjual belikan di pasar.

Ada banyak jenis susu almond dan susu kedelai yang terkenal dan bisa Anda beli, contohnya:

Susu almond: brand Silk dan Blue Diamond

Susu kedelai: brand Silk, West Soy, dan Soy Dream dari brand Soy Milk.

Baca Juga: Perbedaan Saus Tiram dan Saus Bumbu Rasa Tiram, Mana yang Lebih Enak?

Susu almond vs susu kedelai, mana yang lebih menyehatkan?

Apabila Anda alergi susu sapi, Anda bisa memilih jenis susu alternatif seperti susu kedelai ataupun susu almond.

Namun untuk pemilihannya, coba sesuaikan dengan apa yang dibutuhkan tubuh.

Apabila tubuh lebih membutuhkan kalsium, maka MomsMoney merekomendasikan susu almond untuk dikonsumsi.

Sementara apabila tubuh lebih membutuhkan protein, maka susu kedelai lebih direkomendasikan.

Itu dia beberapa perbedaan susu almond dan susu kedelai yang bisa MomsMoney jabarkan. Jadi, pastikan jenis susu manapun yang Anda pilih harus sesuai dengan kebutuhan tubuh, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News