HOME, Santai

Perbedaan Chromebook dan Laptop Biasa

Perbedaan Chromebook dan Laptop Biasa

MOMSMONEY.ID - Chromebook adalah komputer jinjing, sama dengan laptop. Bentuk dan komponen alat pada kedua perangkat tersebut pun sama. Namun, prinsip operasi yang digunakan keduanya berbeda.

Nah, berikut ini perbedaan Chromebook dan laptop dinilai dari beberapa aspek.

Baca Juga: Ternyata Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020 Terbuat dari Smartphone Bekas

Sistem Operasi dan Perangkat Lunak Chromebook

Bagian yang paling membedakan Chromebook dan laptop biasa adalah pada sistem operasi. Jika kebanyakan laptop menggunakan sistem operasi Windows atau Mac, maka Chromebook menggunakan Chrome OS. Browser Google Chrome akan menjadi perangkat lunak utama dalam pengolahan data di Chromebook.

Chromebook akan menggunakan produk ekosistem Google. Anda bisa menggunakan Google Document dan bukannya Ms Word dan akan menyimpannya di Cloud seperti Anda menggunakan Google Drive. Hal ini dimaksudkan agar pengolahan pekerjaan menjadi lebih cepat, efisien, dan terpadu.

Fungsi Chromebook

Untuk keperluan belajar dan bekerja, Chromebook bisa menjadi pilihan. Namun, untuk aktivitas penyuntingan video, game, dan lainnya akan lebih baik jika mengandalkan laptop.

Untuk Chromebook yang sudah kompatibel dengan Android, maka Anda bisa memasukkan aplikasi Android ke Chromebook. Pemasangan software pada Chromebook dilakukan melalui Google Play Store. Hal ini membuat perangkat menjadi lebih aman dari virus.  

Baca Juga: Beli Obat Covid Pasien Isoman dan Berbagai Obat Lain di Aplikasi GoApotik

Harga Chromebook

Mengenai harga perangkat, Chromebook umumnya memiliki harga yang lebih murah ketimbang laptop. Namun, pada perangkat Chromebook tidak terdapat banyak pilihan pengolahan data dibandingkan pada laptop.  

Misalnya, Acer Chromebook Spin yang memiliki RAM 4GB dijual pada akun resmi Tokopedia Acer Store seharga Rp6.999.000.

Pada dasarnya ketika Anda menggunakan Chromebook makan akan seperti terus membuka Google Chrome Browser. Oleh sebab itu, perangkat ini agak sulit dimanfaatkan ketika dalam keadaan offline. Namun, untuk pekerjaan yang selalu terhubung dengan internet, Chromebook akan terasa lebih ringkas.

Selanjutnya: Cara Membersihkan HP Agar Bebas Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News