HOME, Keluarga

Perbandingan AC Dinding dan AC Portable, Pilih Mana?

Perbandingan AC Dinding dan AC Portable, Pilih Mana?

MOMSMONEY.ID - Di negara tropis seperti Indonesia yang hampir selalu panas sepanjang tahun, air conditioner alias pendingin udara sudah menjadi salah satu barang wajib di rumah, terutama di daerah perkotaan.

Saat ini, ada beberapa model AC yang bisa Anda temui, mulai dari AC jendela, AC dinding, hingga AC portable yang praktis.

Ketika memilih unit AC untuk rumah, mungkin Anda pernah kebingungan saat memilih jenis AC yang akan digunakan, terutama model AC dinding dan AC portable. Kedua model AC tersebut memang sama-sama populer dan memiliki plus-minusnya, sehingga memilih di antara keduanya tidak mudah.

Nah, untuk menjawab kebingungan tersebut, yuk simak artikel ini. Dilansir dari Star Air Conditioning dan All Air Services, berikut perbandingan antara AC dinding dan AC portable.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Jasa Cleaning Service Rumah, Bikin Rumah Bersih Tanpa Repot!

AC Dinding

Sseperti namanya, AC dinding adalah jenis AC yang dipasang pada bagian atas dinding dan bekerja dengan cara menarik udara dari dalam ruangan, menyaring dan mendinginkannya di dalam mesin, kemudian memasukkannya kembali ke dalam ruangan.

Berikut kelebihan dari AC dinding:

  • Tingkat kebisingan yang rendah. Mesin pada AC dinding memiliki suara yang halus dan tingkat kebisingan yang rendah, bahkan dianggap sebagai white noise yang dapat membantu istirahat lebih nyaman.
  • Durabilitas tinggi. Karena hanya dipasang pada satu tempat saja tanpa perlu dipindah-pindah, durabilitas atau daya tahan dari AC dinding tergolong tinggi.
  • Penggunaan listrik yang lebih efisien. Saat ini, ada banyak AC dinding yang menawarkan fitur efisiensi energi, sehingga penggunaan listriknya hanya besar di awal, lalu cenderung lebih kecil dan stabil saat suhu ruangan sudah mulai dingin.

Sementara itu, berikut kekurangan dari AC dinding:

  • Dipasang secara permanen. Karena dipasang secara permanen, maka posisi AC dinding tidak bisa dipindah-pindah sesuka hati.
  • Pemasangannya sulit. Saat memasang AC, ada beberapa komponen tambahan dan langkah-langkah yang tidak bisa dilakukan sendiri, sehingga Anda harus menggunakan jasa profesional.
  • Harga yang cenderung mahal. Harga AC memang cenderung mahal dibandingkan dengan jenis pendingin ruangan lainnya. Berdasarkan data dari beberapa e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan Blibli, rata-rata harga AC dinding saat ini dimulai dari sekitar Rp2 juta.

Baca Juga: 7 Masalah Umum di Rumah Saat Musim Hujan, Yuk Waspadai

AC Portable

Pada dasarnya, AC portable memiliki cara kerja yang mirip dengan AC dinding. Hanya saja, AC portable dapat dipindah-pindah sesuai keinginan penggunanya.

Berikut kelebihan dari AC portable:

  • Ringkas dan mudah dipindah-pindahkan. Sesuai dengan namanya, AC portable memiliki bentuk yang ringkas sehingga dapat dipindah-pindahkan ke tempat lain sesuai dengan keinginan penggunanya.
  • Tidak memerlukan instalasi atau pemasangan khusus. Berbeda dengan AC dinding yang harus dipasang secara khusus, AC portable hanya perlu diletakkan begitu saja dan dicolokkan pada sumber listrik supaya dapat bekerja.
  • Harganya ramah di kantong. Dibandingkan dengan AC dinding, AC portable memiliki harga yang cenderung lebih murah, sehingga ramah di kantong. Bahkan, Anda bisa menemukan AC portable dengan harga di bawah Rp1 juta.

Sementara itu, berikut kekurangan dari AC portable:

  • Cenderung berisik. Berbeda dengan AC dinding, rata-rata AC portable memiliki suara mesin yang cenderung berisik sehingga mungkin dapat mengganggu ketenangan saat sedang beristirahat.
  • Mudah rusak. Karena sering dipindah-pindahkan, maka risiko AC portable rusak karena jatuh atau terbentur juga tinggi, sehingga penggunanya harus sangat berhati-hati saat menggunakan dan memindahkannya.
  • Boros listrik. Kekuatan AC portable dalam mendinginkan ruangan tidak sekuat AC dinding, sehingga alat ini membutuhkan tenaga lebih dari listrik. Akibatnya, penggunaan listrik dari AC portable cenderung lebih boros.
  • Memakan tempat di lantai. Karena diletakkan di lantai, otomatis AC portable akan memakan tempat di ruangan yang ditempatinya. Rata-rata AC portable juga memiliki ukuran yang tidak kecil, sehingga penyempitan ruangan bisa sangat kentara.

Itulah perbandingan antara AC dinding dan AC portable yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Selamat memilih!

Selanjutnya: 5 Rekomendasi Vacuum Cleaner yang Ampuh Basmi Tungau, Kasur Ekstra Bersih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News