HOME, Bugar

Perbaiki Suasana Hati dan Mood Anda dengan Mengonsumsi Buah Srikaya

Perbaiki Suasana Hati dan Mood Anda dengan Mengonsumsi Buah Srikaya

MOMSMONEY.ID - Selain di Indonesia, buah srikaya juga terkenal di India. Nah, buah satu ini biasanya dikonsumsi sebagai buah pencuci mulut. Rasanya manis karena mengandung glukosa dan fruktosa. Manfaat buah srikaya untuk kesehatan tubuh sangat beragam.

Buah yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis ini mengandung banyak zat gizi yang konon dapat melindungi Anda dari berbagai penyakit. Beberapa bagian pada tumbuhan ini, mulai dari daun, akar, hingga bijinya pun membawa manfaat untuk banyak hal lain.  

Buah srikaya adalah sumber karbohidrat, vitamin, dan protein yang baik untuk tubuh Anda. Lebih lengkapnya, berikut penjelasan tentang manfaat buah srikaya yang perlu Anda ketahui. 

Baca Juga: Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Menjalani Diet Karnivora

1. Melawan radikal bebas

Buah srikaya mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan untuk menjaga daya tahan tubuh. Kandungan radikal bebas yang terlalu tinggi di dalam tubuh dapat mengakibatkan salah satunya stres oksidatif yang dikaitkan dengan berbagai penyakit kronis, seperti kanker maupun penyakit jantung. 

2. Mengatasi diare

American Pregnancy Association mengungkapkan, penyebab diare saat hamil bisa terjadi karena perubahan hormon.Hormon dapat menyebabkan proses pencernaan pada ibu hamil melambat, sehingga menyebabkan diare. Kenaikan kadar hormon prostaglandin juga sering disebut dapat menyebabkan diare saat hamil.

3. Memperbaiki suasana hati

Jika Anda tengah murung, cobalah makan buah srikaya yang kaya akan kandungan vitamin B6. Vitamin ini sangat penting dalam mendukung pembentukan neurotransmitter, termasuk hormon serotonin dan dopamin, yang berperan mengatur suasana hati Anda. 

4. Mengatasi kanker

International Journal of Research in Pharmaceutical and Biomedical Sciences menyebutkan bahwa antioksidan yang terkandung di dalam buah srikaya memiliki manfaat untuk menurunkan risiko kanker. Makanan yang mengandung antioksidan diketahui dapat mengurangi radikal bebasyang menumpuk pada tubuh. 

5. Menyehatkan mata

Manfaat buah srikaya ini datang dari kandungan antioksidan lutein yang dapat menangkal radikal bebas khususnya yang menyerang mata. Konsumsi buah srikaya secara rutin sejak Anda masih muda juga dapat mencegah terjadinya masalah mata yang berhubungan dengan usia senja dan katarak. 

Baca Juga: Penyebab Penyakit Radang Tenggorokan yang Harus Anda Waspadai

Inilah beberapa manfaat buah srikaya yang baik untuk kesehatan tubuh. Mulai sekarang Moms bisa masukan srikaya pada menu sehat yanga ada di rumah.

Selanjutnya: 5 Makanan Sehat untuk Penderita Jantung Lemah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News