HOME, Keluarga

Peralatan dapur yang wajib dimiliki di dapur

Peralatan dapur yang wajib dimiliki di dapur

MOMSMONEY.ID - Memasak bukan lagi sebagai kewajiban, melainkan kebutuhan. Terlebih jika anda memiliki hobi memasak, pasti rasanya seperti ingin berada di dapur sepanjang hari.

Namun, terkadang hati terasa jengkel ketika sedang asik memasak dan tiba-tiba teringat ada peralatan dapur yang kurang lengkap. Alhasil, masakan yang anda buat jadi kurang enak dan kurang rapih karena ketiadaan peralatan dapur tersebut.

Seperti apa sih peralatan dapur yang sering kita abaikan namun memiliki kegunaan lengkap? Berikut MomsMoney sajikan peralatan dapur yang wajib anda miliki, dirangkum dari Taste of Home, Mealime,dan Eating Well, berikut ini!

Baca Juga: Dailybox raih pendanaan seri A dari Vertex Ventures SEA dan Kinesys Group

Spatula

Spatula logam ataupun berbahan plastik dengan kualitas tinggi wajib untuk anda miliki. Spatula ini berguna untuk membalik, melempar, dan menyajikan semua jenis makanan. Dengan menggunakan spatula yang bagus, makanan akan mudah untuk dibolak-balik serta akan mengurangi risiko wajan yang lecet.

Pisau Koki

Pisau dengan harga murah dan kualitas rendah ternyata berbeda dengan pisau dengan harga sedikit mahal dan berkualitas baik. Tentu MomsMoney akan sarankan anda untuk membeli yang bagus sekaligus, agar awet dipakai.

Dilansir dari Mealime, pisau berkualitas tinggi jauh lebih tajam, kokoh, dan penggunaannya sangat mudah. Pisau jenis ini membuat bahan makanan jauh lebih mudah dipotong dibandingkan dengan yang kualitas rendah.

Slotted Spoon

(Sumber: tasteofhome.com) Slotted spoon

Slotted spood baik yang bahannya logam ataupun kayu memiliki fungsi seperti saringan mini. Anda akan jauh lebih mudah memasak pasta karbonara menggunakan slotted spoon ini.

Baca Juga: Resep ayam goreng serenyah bikinan resto, gampang dibuat!

Talenan

Anda wajib memiliki setidaknya 2 talenan di rumah. 2 jenis talenan ini fungsinya untuk memisahkan makanan berprotein tinggi seperti daging mentah, dengan talenan yang khusus digunakan untuk memotong buah & sayuran.

Pemisahan talenan yang berbeda ini fungsinya untuk menghindari adanya kontaminasi silang yang dapat menyebabkan berkembangnya bakteri dan virus pada peralatan dapur. Efek panjangnya, hal ini untuk menghindari adanya penyakit diare yang dihasilkan dari bakteri pada kontaminasi silang tersebut.

Gunakanlah talenan berbahan plastik untuk memotong daging mentah. Ini untuk meminimalisir terserapnya bakteri jika menggunakan talenan berbahan kayu.

Blender

Memiliki blender menjadi salah satu peralatan dapur yang harus anda miliki. Dengan adanya blender, anda akan mudah membuat berbagai jenis jus, smoothie, ataupun menghaluskan bumbu rempah-rempah.

Gunting Dapur

(Sumber: tasteofhome.com) Gunting dapur

Anda akan memerlukan gunting dapur untuk berbagai kebutuhan, seperti membuka kemasan, mememotong bahan masakan, ataupun memisahkan lemak pada daging.

Carilah pisau yang dapat dibongkar agar dapat dibersihkan. Ini gunanya agar kotoran tidak menumpuk pada engsel gunting.

Tongs

(Sumber: tasteofhome.com) Tongs

Tongs adalah peralatan dapur selanjutnya yang bisa anda gunakan dalam keseharian. Anda bisa menggunakannya untuk membalik daging ayam dalam wajan. Peralatan ini juga berguna untuk mengambil makanan panas yang baru saja keluar dari dalam oven.

Selanjutnya: Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News