Santai

Penyuka Kopi Wajib Tahu 5 Jenis Kopi Nusantara Terbaik Berikut Ini!

Penyuka Kopi Wajib Tahu 5 Jenis Kopi Nusantara Terbaik Berikut Ini!

MOMSMONEY.ID - Indonesia merupakan negara yang memiliki struktur tanah dan juga letak geografis yang bagus. Faktor tersebutlah yang menjadikan Indonesia menjadi salah satu penghasil sumber daya alam dengan kualitas bagus, termasuk kopi.

Beberapa perkebunan kopi di Indonesia difungsikan untuk menghasilkan biji kopi yang memiliki berbagai karakter berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya di Nusantara.

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis biji kopi yang ada di Indonesia beserta karateristiknya yang perlu diketahui para pecinta kopi.

Baca Juga: Jangan Lupa, Ini 4 Tradisi yang Wajib Ada saat Rayakan HUT RI!

Kopi Aceh Gayo

Aceh gayo merupakan jenis kopi yang memiliki banyak penggemar. Wikipedia menjelaskan bahwa jenis kopi yang asal Indonesia yang populer ini merupakan salah satu varieatas kopi arabika yang ditanam di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah. Dikenal sebagai kopi Arabica terbaik, kopi Aceh Gayo ini juga telah diekspor hingga keluar negeri.

Kopi Sumatra

Jenis ini adalah jenis kopi yang paling terkenal bukan hanya di Indonesia melainkan di dunia. Bertekstur halus, memiliki cita rasa yang berat dan kompleks membuat kopi Sumatra memiliki peminat yang tak pernah sepi.

Aromanya yang tajam juga membuat kopi Sumatra ini menjadi favorit banyak pecinta kopi. Jenis kopi Sumatra yang terkenal, antara lain, kopi Sidikalang, Lintong, dan Mandheling.

Ciri dari kopi jenis ini adalah keasaman rendah namun memiliki rasa atau body yang intense. Disamping dari aromanya yang tajam, kopi jenis ini juga akan memberikan rasa gurih yang beragam ketika diseduh.

Baca Juga: Beda! Ini Ide Lomba 17-an yang Anti Mainstream dan Seru!

Kopi Bali Kintamani

Melansir dari laman Otten Coffee, ciri khas dari kopi Bali Kintamani adalah adanya rasa buah-buahan yang asam dan segar. Hal itu terjadi karena kopi Bali ditanam dengan beragam jenis buah dan sayuran. Rasanya yang lembut dan tidak berat, juga menjadikan jenis kopi ini memiliki banyak penikmat.

Jika menyukai rasa segar dan ingin mencoba beragam kopi dengan rasa yang unik, kopi Bali Kintamani dapat dijadikan pilihannya.

Kopi Flores

Memiliki struktur tanah yang subur dan merupakan tanah bekas abu gunung berapi membuat kopi Flores memiliki ciri khasnya sendiri. Biasa diproses dengan giling basah, aroma buah buahan atau fruity menjadi ciri khas aroma kopi Flores.

Selain itu bau tembakau yang muncul saat terakhir atau after taste merupakan keunikan tersendiri yang akan diperoleh dari kopi Flores.

Kopi Sulawesi

Toraja, merupakan tanah yang juga menghasilkan kopi nusantara berkualitas. Dengan aromanya yang earthy membuat kopi ini memiliki karakteristik yang unik.

Kopi jenis ini memiliki rasa yang kuat dan kadar asam yang tinggi. Jadi, kopi ini diklaim sangat disukai bagi penikmat kopi Arabica dengan rasa asam yang dominan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News