HOME, Bugar

Penyebab Umum Susah BAB pada Perempuan

Penyebab Umum Susah BAB pada Perempuan

MOMSMONEY.ID - Susah BAB (buang air besar) kerap dirasakan oleh perempuan. Selain penyebab khusus, ada juga penyebab sembelit umumyang terjadi baik pada perempuan. 

Penyebab ini berkaitan erat dengan pola makan, aktivitas, kebiasaan buruk, penggunaan obat tertentu, dan masalah kesehatan tertentu.

Berikut penjelasan dari penyebab umum susah BAB pada perempuan. 

Baca Juga: Cuka Apel Bisa Jadi Obat Herbal untuk Kesehatan Tubuh

1. Kurang minum

Serat pada makanan bekerja sama dengan air untuk melunakkan feses. Bila Anda jarang minum, serat tidak akan bekerja secara optimal. Akibatnya, sembelit bisa terjadi diikuti dengan risiko meningkatkan masalah kesehatan lain, seperti dehidrasi.

2. Kurang asupan serat

Serat pada makanan bertugas untuk menarik cairan ke usus agar feses tetap lunak. Namun, tidak semua makanan mengandung serat. Serat paling banyak terkandung pada buah-buahan, seperti pir, sayur-mayur, kacang polong, dan gandum. 

3. Malas olahraga

Penyebab susah buang air besar pada wanita dan pria yang paling umum adalah malas olahraga. Ya, enggan olahraga ini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti jadwal kegiatan yang sibuk atau kelelahan.

4. Penyebab lainnya

Sering menahan BAB bisa menyebabkan feses tertahan di usus. Ini akan membuat feses semakin keras dan sulit dikeluarkan.

Tidak hanya itu saja, penggunaan obat-obatan tertentu, seperti antidepresan dan antasida juga bisa memperlambat gerakan usus sehingga feses tidak melewati usus dengan lancar.

Baca Juga: Gejala Ambeien yang Harus Anda Ketahui

Umumnya, sembelit bukan pertanda kondisi yang darurat. Meski begitu, sembelit tetap mungkin membuat Anda tidak nyaman beraktivitas karena gejala susah BAB yang mengganggu.

Kabar baiknya, kondisi ini bisa diobati dengan mudah sesuai dengan penyebab yang mendasarinya.

Dokter biasanya merekomendasikan perawatan rumahan. Misalnya meningkatkan asupan serat, banyak minum, olahraga rutin untuk melancarkan pencernaan, dan menghilangkan kebiasaan menahan BAB.

Selanjutnya: Arti Warna Feses untuk Kesehatan Tubuh  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News