HOME, Bugar

Penyebab Mata Merah pada Anak dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mata Merah pada Anak dan Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Mata merah pada anak merupakan salah satu keluhan yang banyak membuat orangtua membawa anak mereka ke dokter.

Jika anak sedang mengalaminya, langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah mengamati gejalanya dan mengetahui penyebab anak mengalami mata merah tersebut.

Penyebab mata merah pada anak bisa bermacam-macam. Namun, sebaiknya orang tua mengetahui penyebab mata merah pada anak agar bisa mengatasinya dengan tepat. 

Baca Juga: Jangan Panik! Ini Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengatasinya

Berikut ini penyebab mata merah yang perlu Anda ketahui:

1. Konjungtivitas 

Menurut Harvard Health, penyebab umum mata merah pada anak ialah konjungtivitis alias pink eye.

Konjungtivitis adalah peradangan pada konjunctiva (jaringan yang melapisi bola mata yang berwarna putih dan kelopak mata bagian dalam) yang mengakibatkan mata merah serta bengkak.

2. Terlalu lama menatap layar gawai

Mata merah pada anak juga bisa terjadi akibat terlalu sering atau terlalu lama menatap layar gawai. Kondisi ini populer disebut sindrom penglihatan komputer atau computer vision syndrome. 

Baca Juga: Penuhi 5 Nutrisi Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata

3. Faktor lingkungan

Debu, asap (asap rokok dan asap pembakaran sampah), serta polutan udara udara lain dapat melukai mata anak sehingga membuat mata menjadi merah.

4. Alergi

Dikutip dari My Cleveland Clinic, alergi juga bisa menjadi penyebab mata merah pada anak. Ketika alergi seperti debu, bahan kimia pada produk kosmetik, cairan kontak lensa, atau bulu hewan peliharaan masuk ke dalam tubuh anak, sistem imunnya dapat bereaksi. 

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Berikut adalah beberapa cara mencegah mata merah pada anak yang dapat Anda lakukan.

  • Minta anak untuk tidak mengucek matanya. 
  • Meminta anak untuk tidak menatap layar gawai terlalu lama.
  • Rutin ke dokter untuk memeriksakan kesehatan mata anak.

Bila mata merah tidak kunjung membaik dalam waktu 24 jam, segera temui dokter untuk penanganan lebih lanjut. Kamu juga bisa membicarakan masalah mata merah dan minta saran kesehatan dari dokter tepercaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News