CLOSE [X]
ads

Penyebab Lain Rambut Rontok Selain Karena Stres

Reporter: Christ Penthatesia
Selasa, 07 September 2021 | 07:48 WIB
Penyebab Lain Rambut Rontok Selain Karena Stres

ILUSTRASI. Rambut rontok ternyata juga bisa disebabkan karena keturunan atau genetik dari orang tua


MOMSMONEY.ID - Rambut adalah bagian tubuh yang rentan mengalami kerusakan. Terpapar polusi dan sinar matahari adalah penyebab utama rambut menjadi rentan rusak.

Rambut rontok juga menjadi salah satu permasalahan rambut rusak yang sering terjadi. Kehilangan helai demi helai rambut juga kadang membuat pusing sendiri.

Namun tahukah Anda bahwa ternyata ada penyebab mengapa rambut Anda mudah rontok. Berikut ini adalah alasannya.

Baca Juga: Bibir Anda Pecah-Pecah? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Mengatasinya

Keturunan

Faktor keturunan atau genetic menjadi faktor penyebab yang paling umum terjadi. Baik pada pria dan wanita, rambut rontok bisa terjadi jika ada keturunan yang memang memiliki riwayat rambut rontok. 

Menurut laman Mayo Clinic, kondisi rambut rontok karena genetic ini disebut dengan androgenic alopecia. Biasanya orang dengan kondisi ini memiliki folikel rambut yang lebih sensitive terhadap hormon yang diproduksi secara alami oleh tubuh.

Umur

Seiring bertambah tuanya umur, folikel rambut juga akan tumbuh secara melambat. Bahkan semakin lama folikel rambut juga akan berhenti memproduksi rambut baru. 

Hal tersebut akan menyebabkan rambut di bagian pangkal kepala menjadi tipis dan mudah rontok. Selain rontok, semakin tua maka warna alami rambut juga akan semakin berkurang.

Baca Juga: Kata Dokter Tentang Manfaat Air Rebusan Kulit Nanas Menurunkan Berat Badan

Stres

Melansir dari laman Everyday Health, kondisi emosional yang tidak stabil dan membuat pikiran stress bisa mengakibatkan rambut rontok secara sementara. Stress yang tidak bisa dikelola dengan baik akan meningkatkan kortisol yang membuat kartisol terhambat dan mati.

Maka dari itu ada baiknya untuk mengelola stress dengan baik agar rambut dapat kembali kuat. Sehingga akan mengurangi tingkat kerontokan rambut juga. 

Perawatan rambut

Perawatan yang tidak cocok atau terlalu keras bagi rambut juga bisa mengakibatkan rambut kehilangan kekuatannya dan rontok. Shampoo yang tidak cocok dan mengandung surfaktan juga membuat rambut mudah rontok.

Selain itu styling rambut dengan menggunakan alat panas dapat mengakibatkan rambut rontok. Karena panas pada alat styling bisa mengurangi vitamin pada rambut yang membuatnya menjadi tipis dan mudah rontok.

Selanjutnya: Keren! Selebriti asal Indonesia Ini Turut Terlibat Dalam Film-Film Marvel

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru