Bugar

Penyebab Kanker Tulang pada Anak yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab Kanker Tulang pada Anak yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID -  Penyebab kanker tulang pada anak perlu Anda ketahui, biar bisa mengantisipasi dan mengatasinya dengan tepat.

Kanker tulang pada anak yang sering terjadi adalah osteosarcoma dan sarkoma Ewing. Anak yang menderita kanker tulang dapat menunjukkan gejala yang bervariasi, tergantung pada lokasi dan ukuran kanker. 

Kanker yang terbentuk di tulang dapat menyebar ke bagian tubuh lain melalui aliran darah atau aliran getah bening.

Meski penyebabnya belum diketahui, dilansir dari Healthy Bones, ada berbagai penyebab yang disebut bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami kondisi ini, di antaranya:

Baca Juga: Lakukan Rutin Setiap Hari, Ini 5 Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Kelainan genetik 

Salah satu kondisi yang bisa meningkatkan risiko dan menjadi penyebab kanker tulang menyerang adalah mengidap kelainan genetik. Kondisi ini disebut berkaitan dengan kelainan genetik yang disebut sindrom Li-Fraumeni.

Radioterapi 

Riwayat pengobatan yang pernah dijalani ternyata juga bisa meningkatkan risiko kanker tulang terjadi. Penyakit ini disebut lebih berisiko menyerang orang yang pernah menjalani pengobatan radioterapi.

Riwayat kanker 

Kanker tulang disebut lebih sering menyerang orang yang memiliki riwayat kanker. Penyakit ini disebut lebih berisiko pada orang yang pernah mengalami kanker mata yang disebut retinoblastoma.

Baca Juga: Ini Penyebab Sakit Punggung dan Cara Mengatasinya

Penyakit tulang 

Risiko kanker tulang menjadi lebih besar pada orang yang memiliki kelainan atau penyakit tulang yang disebut paget. Ini menyebabkan seseorang memiliki tulang yang lemah, sehingga mudah mengalami kelainan.

Apa pun jenisnya, kanker tulang pada anak adalah kondisi yang perlu segera diperiksakan ke dokter. Semakin cepat diobati, maka kemungkinannya untuk sembuh akan semakin besar.

Inilah beberapa penyebab kanker tulang pada anak yang perlu Anda ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News