Bugar

Penyebab Hemoglobin Rendah pada Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab Hemoglobin Rendah pada Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa penyebab hemoglobin rendah pada tubuh yang perlu Anda ketahui, biar bisa mengantisipasinya.

Hemoglobin merupakan komponen dalam sel darah merah yang berperan penting  untuk mengikat oksigen dalam darah. 

Ketika tubuh kekurangan hemoglobin, maka akan terjadi anemia yang dapat menimbulkan sejumlah keluhan dan gangguan kesehatan. 

Kekurangan hemoglobin dapat disebabkan oleh sejumlah penyakit yang mengakibatkan kadar sel darah merah dalam tubuh berkurang.  

Baca Juga: Waspadai Moms! Ini Gejala Penyakit Hepatitis yang Harus Segera Disadari

Bersumber dari Medical News Today, berikut adalah beberapa kondisi atau penyakit yang bisa menjadi penyebab hemoglobin rendah, antara lain:  

1. Kekurangan gizi

Penyebab hemoglobin rendah yang pertama adalah kekurangan gizi. Kekurangan asupan vitamin dan mineral tertentu bisa menjadi salah satu penyebab Hemoglobin rendah. 

Salah satu nutrisi yang berperan penting dalam menghasilkan Hemoglobin dan sel darah merah adalah zat besi. 

Jika tubuh Anda kekurangan zat besi, sel darah merah akan sulit diproduksi dan mengakibatkan kadar Hemoglobin dalam tubuh berkurang. 

2. Kehamilan

Penyebab hemoglobin rendah yang kedua adalah kehamilan. Kondisi ini cukup umum dialami oleh ibu hamil, tetapi bukan berarti bisa disepelekan. 

Penurunan hemoglobin saat hamil bisa menyebabkan janin lahir dengan berat badan rendah, lahir prematur, mengalami anemia, atau mengalami gangguan tumbuh kembang setelah lahir. 

Selain itu, anemia pada ibu hamil juga bisa meningkatkan risiko komplikasi kehamilan dan perdarahan setelah persalinan. 

Baca Juga: Ini Sederet Syarat Utama jika Ingin Menjadi Pendonor Darah

3. Penyakit kronis

Penyebab hemoglobin rendah yang ketiga karena adanya penyakit kronis. Penyebab Hemoglobin rendah terbilang beragam dan tidak selalu menimbulkan gejala.  

Ada beberapa penyakit kronis yang bisa menyebabkan kadar Hemoglobin rendah, di antaranya gagal ginjal kronis, sirosis, hipotiroidisme, dan gangguan sumsum tulang. 

Kondisi ini sebaiknya tetap diperiksakan ke dokter karena bisa jadi menandakan adanya penyakit tertentu, terlebih jika sudah menimbulkan gejala yang berat. 

Gejala-gejala yang timbul karena kurangnya hemoglobin bisa serupa dengan gejala anemia pada umumnya dan disertai dengan gejala tertentu sesuai penyakit yang mendasarinya. 

Apabila mengalami gejala kekurangan hemoglobin berisiko menyebabkan kekurangan hemoglobin, segera ke dokter untuk menjalani pemeriksaan dan mendapatkan pengobatan yang tepat. 

Itulah beberapa penyebab hemoglobin rendah pada tubuh yang perlu Anda ketahui agar bisa mengantisipasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News