HOME, Bugar

Penyebab dan Gejala Sakit Gigi yang Perlu Anda Waspadai

Penyebab dan Gejala Sakit Gigi yang Perlu Anda Waspadai

MOMSMONEY.ID - Sakit gigi adalah sensasi rasa nyeri atau ngilu yang dirasakan di sekitar gigi. Sakit gigi bisa datang tiba-tiba dan mengganggu aktivitas Anda. Hampir semua orang pasti pernah mengalaminya. Penyebab sakit gigi atau nyeri yang dirasakan bisa berasal dari beberapa penyakit gigi itu sendiri.

Jika Anda mengalami sakit gigi, penting untuk mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Dari sana, Anda dapat menentukan cara terbaik untuk mengatasi masalah Anda tersebut. 

Rasa nyeri dan ngilu di gigi bisa terjadi jika Anda kurang menjaga kesehatan gigi dan mulut. Walaupun biasanya tidak menimbulkan masalah serius, sakit gigi tetap mesti segera diobati.

Sakit gigi biasanya diikuti oleh nyeri rahang. Rasa sakit dapat bertahan selama lebih dari 15 detik setelah stimulus (rangsangan panas atau dingin) dihilangkan. Sakit gigi juga dapat berupa nyeri yang tajam atau tumpul yang muncul mendadak atau dengan rangsang tertentu, seperti panas atau dingin.

Sakit gigi terjadi karena adanya peradangan pada bagian tengah gigi yang disebut pulpa. Pulpa berisi ujung saraf yang sangat sensitif terhadap rasa sakit. Beberapa hal yang dapat menjadi penyebab sakit gigi antara lain:

1. Gigi berubang

2. Abses gigi

3. Gigi retak atau rusak

4. Tambalan gigi yang rusak atau gigi goyang

5. Infeksi, yang biasanya disebabkan oleh tumbuhnya geraham bungsu

6. Masalah pada kawat gigi

7. Penumpukan makanan atau zat sisa di antara gigi, terutama bila gigi memiliki ruang di antaranya

8. Peradangan atau infeksi pada akar gigi atau gusi

9. Cedera pada gigi

10. Gigi atau akar gigi yang patah

11. Infeksi sinus yang dapat dirasakan sebagai nyeri pada gigi

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Kelapa Yang Wajib Anda Tahu

Rasa sakit pada gigi dapat juga Anda redakan secara sementara dengan cara berikut:

1. Kumur dengan air garam. Campurkan garam dengan segelas air hangat untuk meredakan peradangan. 

2. Bilas dengan hidrogen peroksida (larutan 3%). Hidrogen peroksida dapat membantu peradangan dan rasa nyeri yang terjadi. Encerkan hidrogen peroksida dan campur dengan air, kemudian bilas area mulut Anda. Ingat, jangan sampai tertelan.

3. Gunakan kompres dingin. Redakan pembengkakan dan rasa nyeri menggunakan es dingin dibalut handuk lalu tempel ke area nyeri selama 20 menit.

4. Obat nyeri. Obat jenis NSAID seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen dapat digunakan untuk meredakan nyeri. Tapi perhatikan prosedur penggunaannya dengan cermat.

 Baca Juga: 5 Tanaman Herbal untuk Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap

Jika gejala sakit gigi Anda terus berlanjut maka segera konsultasi dengan doker.

Selanjutnya: Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News