HOME, Bugar

Penyebab & Ciri-Ciri Sakit Batu Amandel Serta Cara Mengobati

Penyebab & Ciri-Ciri Sakit Batu Amandel Serta Cara Mengobati

MOMSMONEY.ID - Jakarta. Simak cara mengobati sakit batu amandel berikut ini. Cara mengobati sakit batu amandel tidak hanya melalui operasi. Bahkan, ada cara alami dan obat-obatan yang bisa untuk mengobati sakit batu amandel.

Batu amandel adalah serpihan kotoran yang mengeras dan bakteri yang tersangkut di sudut amandel. Banyak orang memiliki batu amandel tapi tidak menyadarinya, terlebih jika ukurannya cuma sekecil pecahan beras.

Namun, batu amandel berukuran cukup besar sampai seukuran buah anggur bisa menyebabkan komplikasi amandel bengkak dan memicu bau mulut tak sedap. Sebelum menyimak ulasan cara menghilangkan batu amandel, kenali dulu penyebab dan ciri-cirinya.

Penyebab batu amandel

Melansir WebMD, amandel adalah sepasang jaringan seperti kelanjar yang terletak di bagian belakang tenggorokan. Amandel memiliki celah-celah kecil sehingga lendir, bakteri, dan sel kulit mati bisa terperangkap di sana dan membentuk puing kotoran.

Batu amandel terbentuk ketika puing kotoran tersebut mengeras. Kondisi ini biasanya dialami orang yang amandelnya radang dalam jangka panjang, atau mengalami infeksi berulang tapi tidak diobati dengan tepat. Selain itu, penyebab batu amandel lainnya yakni kebersihan gigi yang buruk dan gangguan sinus kronis.

Seperti disinggung di atas, batu amandel yang ukurannya masih kecil biasanya tidak menimbulkan gejala penyakit. Ketika ukurannya cukup besar, ciri-ciri sakit batu amandel yang dirasakan penderitanya yakni:

Baca juga: Inilah bahan herbal yang bisa menjadi obat radang amandel

  • Muncul puing-puing batu putih di bagian belakang tenggorokan
  • Bau mulut yang parah
  • Sakit tenggorokan
  • Susah menelan
  • Batuk
  • Sakit telinga
  • Amandel bengkak

Jika muncul ciri-ciri sakit batu amandel di atas, segera periksakan ke dokter. Dokter dapat mendeteksi masalah kesehatan ini lewat pemeriksaan fisik.

Cara mengobati batu amandel

Cara mengobati batu amandel bisa secara alami sampai perlu prosedur medis. Melansir Healthline, berikut beberapa cara mengobati sakit batu amandel:

  • Kumur air hangat

Cara pertama mengobati sakit batu amandel adalah dengan kumur air hangat. Kumur dengan segelas air hangat yang diberi setengah sendok teh garam. Gunakan setidaknya dua kali sehari Jangan menahan batuk karena batuk dapat mengeluarkan batu amandel secara alami

  • Minum obat antibiotik

Cara kedua mengobati sakit batu amandel adalah minum obat antibiotik. Minum obat antibiotik dari dokter untuk menurunkan jumlah bakteri biang batu amandel

  • Laser

Cara ketiga mengobati sakit batu amandel adalah dengan menggunakan laser. Ini merupakan prosedur medis menggunakan laser untuk mengangkat batu amandel.

  • Kriptolisis koblasi

Cara keempat mengobati sakit batu amandel adalah menggunakan teknologi gelombang radio atau kriptolisis koblasi. Kriptolisis koblasi adalah prosedur medis pengangkatan batu amandel.

  • Operasi

Cara kelima mengobati sakit batu amandel adalah operasi. Operasi pengangkatan amandel hanya berlaku untuk kasus batu amandel parah

Kendati terkadang cukup mengganggu, hindari untuk coba-coba mengangkat batu amandel dengan sikat gigi atau benda lainnya. Coba beberapa cara menghilangkan dan mengobati batu amandel yang aman di atas. Karena, mengangkat batu amandel secara manual rentan menyebabkan pendarahan dan infeksi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Menghilangkan Batu Amandel secara Alami maupun Medis",


Penulis : Mahardini Nur Afifah
Editor : Mahardini Nur Afifah

 

Selanjutnya: Penyebab Penyakit Radang Tenggorokan yang Harus Anda Waspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News