HOME, Bugar

Penyakit Mematikan! Inilah Gejala Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

Penyakit Mematikan! Inilah Gejala Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

MOMSMONEY.ID - Para wanita sebaiknya selalu jaga kesehatan dari berbagai penyakit yang rentan dialami. Salah satunya adalah kanker serviks.    

Sel kanker ini muncul pada serviks atau leher rahim. Kondisi ini terjadi akibat mutasi sel DNA, sehingga memicu munculnya sel abnormal yang tidak terkendali, dilansir dari Cancer Care. 

Penyakit ini jarang menyebabkan gejala yang terlihat. Biasanya, kanker serviks dapat diketahui lebih dini ketika Anda melakukan pemeriksaan.

Baca Juga: Waspada! Inilah Sederet Gejala Penyakit Kanker Usus Besar

Dirangkum dari Cancer Care dan Very Well Health berikut ini gejala kanker serviks yang harus diwaspadai sejak dini, antara lain:  

1. Keputihan yang tidak normal

Gejala kanker serviks yang harus diwaspadai pertama adalah mengalami keputihan yang tidak normal. Ciri-ciri kanker serviks lainnya adalah keputihan yang tidak normal.  

Lendir pada keputihan akan mengalami perubahan warna, memiliki aroma yang tidak sedap atau bau, serta terjadi perubahan tekstur dan konsistensi cairan vagina.  

2. Pendarahan vagina yang tidak normal

Gejala kanker serviks yang harus diwaspadai kedua adalah adanya pendarahan vagina yang tidak normal.   

Gejala yang biasanya muncul adalah perdarahan yang tidak normal pada vagina. Perdarahan yang dialami bisa lebih banyak atau pun lebih sedikit dari menstruasi biasanya.  

3. Sembelit

Gejala kanker serviks yang harus diwaspadai ketiga adalah sembelit. Jika kanker serviks telah menyebar hingga ke usus besar, akan berpotensi menyebabkan konstipasi atau sembelit.  

Kondisi ini dapat terjadi saat kanker serviks sudah memasuki stadium lanjut dan harus segera ditangani agar sel kanker tidak semakin menyebar.  

Baca Juga: Sederet Risiko yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Vitamin D

4. Mudah lelah

Gejala kanker serviks yang harus diwaspadai yang keempat adalah mudah merasakan lelah. Ciri lain yang akan muncul saat Anda menderita kanker serviks adalah mudah lelah.  

Kondisi ini terjadi akibat perdarahan yang tidak normal pada vagina, sehingga tubuh mengalami kekurangan sel darah merah (anemia) yang menyebabkan munculnya rasa lelah.  

5. Kehilangan nafsu makan

Gejala kanker serviks yang harus diwaspadai kelima adalah kehilangan nafsu makan. Ciri-ciri kanker serviks berikutnya adalah penurunan atau kehilangan nafsu makan.  

Hal ini dikarenakan penyebaran sel kanker dapat membuat metabolisme tubuh berubah sehingga berpengaruh terhadap nafsu makan Anda.  

Itulah beberapa gejala kanker serviks yang harus diwaspadai sejak dini, jika Anda mengalami beberapa keluhan di atas jangan ragu untuk segera ke dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News