HOME, Bugar

Penyakit Kolera: Gejala dan Pencegahan yang Harus Anda Ketahui

Penyakit Kolera: Gejala dan Pencegahan yang Harus Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Penyakit kolera sering disebut sebagai penyakit muntaber (muntah dan berak). Penyakit ini disebabkan infeksi bakteri yang bernama Vibrio cholerae. 

Kolera atau muntaber dapat terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak dan diare yang ditimbulkan dapat parah hingga menimbulkan dehidrasi, dikutip dari Healthline.

Kolera merupakan penyakit yang menular melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri. Kondisi ini biasanya mewabah di daerah yang padat penduduk dan memiliki lingkungan yang kotor.

Menurut badan World Health Organization (WHO), terdapat sekitar 1,3 – 4 juta kasus kolera di seluruh dunia. Bahkan data WHO mencatat angka kematian akibat kolera berkisar antara 21.000 – 143.000 setiap tahunnya. 

Hanya sekitar 1 dari 10 orang yang terinfeksi menunjukkan tanda dan gejala. Biasanya gejala akan muncul dalam 24 – 48 jam setelah terpapar oleh bakteri.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Ampuh Meredakan Sakit Muntaber

Berikut adalah daftar gejala muntaber yang harus Anda ketahui.

1. Diare

2. Mual dan Muntah

3. Dehidrasi

4. Elektrolit tidak seimbang

5. Gula darah rendah

 Baca Juga: Gejala Muntaber dan Cara Mengobatinya

Untuk menghindari penyakit kolera, Anda bisa menerapkan beberapa hal ini, sekaligus untuk pencegahan.

1. Minum air putih yang telah dimasak

Tips pencegahan mutaber dengan membiasakan minum air putih yang telah dimasak. Selain itu, minum air putih yang sudah dimasak dapat menyehatkan pencernaan. 

2. Hindari makanan dan minuman yang tidak higienis

Makanan dan minuman yang dijual di pinggir jalan memang kerap membuat Anda tergoda untuk membelinya. Namun, Anda sebaiknya memastikan kebersihan makanan dan minuman tersebut, seperti bahan baku dan cara pembuatannya.

3. Cuci buah dan sayur sampai bersih

Mencuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi sangatlah penting. Buah dan sayur umumnya diberikan pestisida untuk mengurangi hama dan serangga yang menempel. 

4. Hindari konsumsi seafood, ikan mentah, dan sayuran yang tidak dimasak

Seafood, ikan mentah, dan sayuran pun harus dimasak untuk membuang racun dan kotoran yang menempel. Jangan lupa untuk membersihkannya sampai bersih, terutama pada ikan dan seafood.

5. Kurangi konsumsi susu mentah dan produk olahan susu

Jika membeli susu sapi yang baru saja diperah, sebaiknya dimasak lebih dulu. Baik susu mentah maupun produk olahan susu seperti yoghurt dan es krim, seringkali terkontaminasi bakteri.

Karena itu, pastikan Anda juga menyimpan susu dan produk olahan turunan susu sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan untuk menjaga kualitasnya.

Selanjutnya: Manfaat Kucai, Bisa Mencegah Kanker Sampai Menjaga Kesehatan Otak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News