Bugar

Penyakit Infeksi yang Rentan Menyerang Balita

Penyakit Infeksi yang Rentan Menyerang Balita

MOMSMONEY.ID - Penyakit infeksi yang rentan menyerang anak sangat beragam, dan sangat perlu diketahui orang tua untuk mengantisipasinya. 

Penyakit infeksi adalah masalah yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, atau parasit. Organisme ini menyerang dan masuk ke dalam tubuh anak dan menimbulkan sejumlah gejala. 

Dilansir dari Parenting Firstcry, berikut adalah beberapa penyakit infeksi yang rentan menyerang anak dan perlu diketahui oleh orang tua, antara lain: 

Baca Juga: 5 Penyakit Kulit yang Rentan Menyerang Anak, Moms Wajib Tahu!

1. Oral thrush

Penyakit infeksi rentan menyerang anak yang pertama adalah oral thrush. Infeksi mulut yang rentan menimpa bayi adalah oral thrush yang disebabkan oleh jamur.

Tanda-tandanya berupa bintik-bintik putih pada lidah atau pipi bagian dalam. Oral trush biasanya tidak perlu ditangani dan bisa hilang dengan sendirinya. 

2. Influenza

Penyakit infeksi rentan menyerang anak yang kedua adalah influenza. Penyakit satu ini sering dialami pada anak dan orang dewasa akibat infeksi virus yang menular. 

Penularan virus influenza pada anak biasanya terjadi melalui udara. Penularan juga bisa terjadi melalui tangan atau benda yang telah disentuh oleh orang yang terinfeksi.

3. Ruam kulit

Penyakit infeksi rentan menyerang anak yang ketiga adalh ruam kulit. Kulit bayi jauh lebih sensitif, bisa mengalami infeksi ruam popok saat ibu tidak mengganti popoknya secara rutin.

Bahan popok yang cenderung kasar juga bisa memicu iritasi. Untuk mencegahnya, ganti popok dan gunakan krim ruam popok.

Baca Juga: Bisa Dicoba! Ini 5 Makanan yang Bisa Meredakan Nyeri Tulang dan Otot

4. Diare

Penyakit infeksi rentan menyerang anak yang selanjutnya adalah diare. Pencernaan balita masih dalam proses perkembangan dan lebih sensitif.

Alhasil, mereka rentan mengalami infeksi bakteri pemicu diare. Kondisi ini sering disebabkan karena makanan yang kurang higienis.

5. Cacingan

Penyakit infeksi rentan menyerang anak yang terakhir adalah cacingan. Cacingan pada anak sering terjadi akibat infeksi cacing gelang, tambang, atau cambuk.

Biasanya, ini terjadi karena anak kurang menjaga kebersihan seperti makan tanpa cuci tangan terlebih dahulu setelah bermain di luar rumah, atau kebiasaan bermain di luar tanpa alas kaki.

Selain itu, anak pun perlu beristirahat, minum banyak air putih, serta mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi demam dan batuk.

Itulah beberapa penyakit infeksi yang rentan menyerang anak dan perlu diketahui orang tua. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News