Bugar

Penuhi Karbohirat Tubuh dengan Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Penuhi Karbohirat Tubuh dengan Mengonsumsi 5 Makanan Ini

MOMSMONEY.ID - Makanan berkarbohidrat tinggi adalah ubi jalar, jagung, beras merah, biji-bijian, hingga buah-buahan. Fungsi karbohidrat adalah sebagai sumber energi untuk aktivitas sehari-hari. 

Walaupun selama ini makanan mengandung karbohidrat seringkali dianggap penyebab obesitas, Anda perlu tahu bahwa ada jenis makanan yang mengandung karbohidrat yang menyehatkan.

Dilansir dari Mayo Clinic, kelompok makanan yang merupakan sumber karbohidrat dan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh antara lain: 

Baca Juga: Anda Merasa Mudah Lapar? Inilah 7 Penyebabnya yang Perlu Anda Ketahui

Pisang

Jangan salah, buah pisang juga termasuk dalam makanan yang mengandung karbohidrat dan sangat menyehatkan.

Pisang mengandung karbohidrat sebanyak 23% serta nutrisi penting, seperti kalium, vitamin B6, dan vitamin C.

Berbagai macam ubi

Ubi sendiri bisa diolah dengan berbagai cara seperti direbus, dibakar, atau bahkan dikukus. Bahkan ada yang dijadikan sebagai camilan dengan bentuk yang lucu-lucu.

Kandungan karbohidrat dalam ubi bisa disebut sebagai karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks membuat tubuh memprosesnya lebih lama sehingga tidak mudah lapar.

Jagung

Jagung merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia yang bisa diolah menjadi berbagai macam pilihan. Misalnya, jagung bakar, jagung rebus, atau tumis jagung. 

Jagung mengandung karbohidrat dan salah satu favorit keluarga. Sebab, salah satu sumber karbohidrat ini mengandung 25% karbohidrat serta vitamin C.

Baca Juga: Luar Biasa! Ini Jenis Umbi-umbian dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Kurma

Siapa sangka, kurma menjadi salah satu sumber karbohidrat yang sayang dilewatkan. Selain sebagai sumber karbohidrat, manfaat kurma juga mengandung serat, kalsium, fosfor, kalium, dan vitamin A yang tinggi.

Beras merah

Beras merah kaya akan karbohidrat. Banyak yang meyakini kalau beras merah atau nasi merah lebih sehat dibandingkan dengan nasi putih. 

Hal ini memang bukan isapan jempol semata. Pasalnya, beras merah mengandung karbohidrat sebesar 36 gram. Selain mengandung karbohidrat, beras merah juga mengandung antioksidan.

Itulah berbagai macam makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang bisa Anda jadikan sebagai ganti nasi dalam memenuhi kebutuhan harian karbohidrat.

Beberapa makanan di atas pun mengandung karbohidrat kompleks yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News