HOME, Bugar

Penuhi 5 Nutrisi Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata

Penuhi 5 Nutrisi Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata

MOMSMONEY.ID - Kekurangan vitamin A adalah salah satu penyebab kebutaan paling umum di dunia. Vitamin A sangat penting untuk menjaga sel-sel penginderaan cahaya mata yang juga dikenal sebagai fotoreseptor, dilansir dari Healthline.

Jika Anda tidak mengonsumsi cukup vitamin A, Anda mungkin mengalami rabun senja, mata kering, atau bahkan kondisi yang lebih serius, tergantung pada tingkat keparahannya. 

Berikut ini adalah beberapa macam nutrisi untuk mata yang penting untuk dikonsumsi, namun mungkin Anda belum mengetahuinya. 

Nutrisi ini membantu menjaga fungsi mata, melindungi mata Anda dari cahaya berbahaya, dan mengurangi perkembangan penyakit degeneratif terkait usia. 

Baca Juga: Anda Mengidap Glaukoma? Segera Terapkan Pola Hidup Sehat Berikut Ini

Dilansir dari Healthline dan Mayo Clinic, berikut beberapa nutrisi lain yang perlu dikonsumsi untuk memebantu menjaga kesehatan mata. 

1. Vitamin C

Mata membutuhkan antioksidan dalam jumlah lebih banyak daripada banyak organ tubuh lainnya. Vitamin C merupakan antioksidan yang penting. Konsentrasi vitamin C lebih tinggi di aqueous humor mata daripada di cairan tubuh lainnya.  

2. Zinc

Zinc terlibat dalam pembentukan pigmen visual di retina. Itulah sebabnya kekurangan zinc dapat menyebabkan rabun senja. Sumber makanan alami zinc adalah tiram, daging, biji labu, dan kacang tanah. 

3. Vitamin E

Vitamin E adalah sekelompok antioksidan yang larut dalam lemak yang melindungi asam lemak dari oksidasi berbahaya.

Retina memiliki konsentrasi asam lemak yang tinggi, sehingga vitamin E menjadi asupan yang cukup penting untuk mendapatkan kesehatan mata optimal. 

Sumber makanan terbaik vitamin E, termasuk almond, biji bunga matahari, dan minyak nabati, seperti minyak biji rami.  

Baca Juga: Rutin Konsumsi Talas Bisa Menurunkan Gula Darah

4. Asam Gamma-Linolenat

Asam Gamma-Linolenat adalah asam lemak omega-6 yang bisa ditemukan dalam jumlah kecil dalam makanan modern. Tidak seperti banyak asam lemak omega-6 lainnya, Asam Gamma-Linolenat memiliki sifat anti-inflamasi. 

Sumber terkaya Asam Gamma-Linolenat adalah minyak evening primrose dan minyak starflower. Beberapa penelitian bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi minyakevening primrose dapat mengurangi gejala penyakit mata kering. 

5. Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 merupakan rantai panjang EPA dan DHA yang penting untuk kesehatan mata. DHA ditemukan dalam jumlah tinggi di retina yang dapat membantu menjaga fungsi mata. 

DHA juga penting untuk perkembangan otak dan mata selama masa bayi. Jadi, kekurangan DHA dapat mengganggu penglihatan, terutama pada anak-anak.  

Oleh sebab itu, selalu perhatikan asupan vitamin A Anda agar tubuh mendapatkan gizi yang seimbang. Bila ragu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk memahami solusi yang tepat untuk Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News