Bugar

Penuh Nutrisi, Ini Sederet Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan Tubuh

Penuh Nutrisi, Ini Sederet Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Ikan patin atau Pangasius adalah salah satu sumber protein hewani bernutrisi tinggi dengan harga yang cukup terjangkau. Ikan ini termasuk ke dalam jenis ikan air tawar.

Banyak manfaat ikan patin bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan, mulai dari menjaga kesehatan otak, menurunkan kolesterol, hingga mendukung kesehatan tulang dan otot.

Karena kandungan gizinya cukup tinggi, ikan patin baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Tak hanya itu, seperti dilansir dari Healthline, ikan patin juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

 Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini Cara Sederhana Mencegah Gigi Berlubang pada Anak

Mencegah penyakit kardiovaskular dan menurunkan kolesterol

Ikan patin mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang sehat dan baik untuk jantung serta pembuluh darah.

Ikan patin juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) serta mengurangi kolesterol jahat (LDL).

Menyehatkan janin dan bayi

Ikan patin mengandung nutrisi yang baik untuk janin sehingga sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil, yakni Docosahexaenoic acid (DHA) dan asam omega-3 lainnya.

Asam lemak esensial ini dapat membantu ibu hamil menjaga kesehatan janin selama di kandungan dan menurunkan risiko bayi lahir dengan kelainan bawaan.

Baca Juga: Apa Itu Penyakit Miom? Kenali Penyebab dan Gejalanya

Menjaga kesehatan otak

Selain baik untuk jantung, lemak omega-3, protein, serta aneka vitamin dan mineral yang terkandung pada ikan patin juga berguna untuk menjaga kesehatan otak, lho.

Rutin mengonsumsi ikan dapat menjaga fungsi dan kinerja otak, meningkatkan memori dan konsentrasi pada lansia, serta mengurangi risiko terjadinya penyakit tertentu pada otak, seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

Mendukung kesehatan otot dan tulang

Protein yang terkandung dalam ikan patin berperan penting dalam proses pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh, seperti kulit, otot, dan tulang.

Selain itu, protein juga berperan dalam pembentukan energi serta beragam hormon dan enzim di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat ikan patin, Anda harus mengolahnya dengan tepat. Jangan terlalu banyak menggunakan minyak atau santan karena malah akan menambah kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan tekanan darah Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News