Bugar

Penuh Nutrisi, Ini 5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh

Penuh Nutrisi, Ini 5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Markisa adalah buah eksotis yang tumbuh di daerah tropis. Buah ini mengandung daging yang lembut dengan rasa yang khas sehingga kerap dibuat sebagai jus atau campuran minuman.

Markisa mengandung nutrisi yang menyehatkan dan dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh saat dikonsumsi.

Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah manfaat buah markisa bagi kesehatan, sehingga bisa dijadikan pilihan sajian untuk Anda dan keluarga di rumah, antara lain: 

Baca Juga: Luar Biasa! Ini Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan Tubuh

Meningkatkan sensitivitas insulin

Manfaat lainnya dari markisa untuk kesehatan adalah mampu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Hal ini dapat membantu dalam mengurangi risiko banyak penyakit, termasuk diabetes.

Markisa mengandung zat yang disebut piceatannol, yang mampu meningkatkan metabolisme pada tubuh. Saat kesehatan metabolisme meningkat, sensitivitas insulin juga sama.

Meningkatkan sistem imunitas

Buah markisa kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan dengan membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi dari makanan nabati, dan dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dalam tubuh.

Menetralisir radikal bebas

Buah markisa kaya antioksidan yang sangat baik dalam membantu tubuh menetralisir radikal bebas. Antioksidan dapat menjaga sistem tubuh tetap sehat, serta meningkatkan aliran darah di seluruh tubuh, termasuk ke otak dan sistem saraf.

Baca Juga: Moms Harus Tahu, Ini Dia 5 Fakta Unik Tentang Kehamilan Ini

Melancarkan pencernaan

Daging buah markisa kaya akan serat yang sangat baik untuk pencernaan. Serat adalah komponen penting pada diet untuk menjaga usus tetap sehat, mencegah sembelit, hingga masalah lainnya pada sistem pencernaan.

Mencegah osteoporosis

Buah markisa dikenal kaya akan mineral seperti magnesium, kalsium, zat besi fosfor, kalium dan natrium. Mineral ini menjaga kepadatan tulang, membantu mempercepat pemulihan tulang, dan mencegah osteoporosis.

Itulah beberapa manfaat dari buah markisa untuk kesehatan tubuh. Makanya, jangan ragu lagi untuk makan buah ini secara rutin, jika perlu setiap hari. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih sehat secara fisik dan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News