HOME, Bugar

Pentingnya Zat Besi untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Pentingnya Zat Besi untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Zat besi berfungsi untuk membantu memproduksi sel darah merah secara alami. Bila seseorang kekurangan zat besi, maka seseorang lebih rentan terkena anemia, dikutip dari Everyday Health.

Zat besi adalah salah satu mineral penting untuk tubuh. Melansir WebMD, saat tubuh kekurangan zat besi, tubuh tidak bisa memproduksi sel darah merah pembawa oksigen secara optimal. 

Melansir Eat Right, fungsi zat besi utamanya membantu membawa oksigen dalam hemoglobin sel darah merah ke seluruh tubuh.

Berkat bantuan zat besi, sel dalam tubuh bisa menghasilkan energi. Fungsi zat besi lainnya yakni membantu tubuh menghilangkan karbon dioksida. 

Kebutuhan zat besi wa untuk tubuh, tidak boleh disepelekan dan harus terpenuhi dengan baik. Berikut penjelasan manfaat zat besi untuk tubuh. 

Baca Juga: Anda Sering Haus? Bisa Jadi Tanda Penyakit Tertentu

1. Memperbaiki jam tidur

Memenuhi kebutuhan zat besi harian untuk tubuh bisa membuat kualitas tidur meningkat. Sebaliknya, kekurangan zat besi bisa menyebabkan insomnia dan akan kesulitan untuk tidur nyenyak. 

2. Menjaga daya tahan tubuh 

Zat besi membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan memenuhi kebutuhan nutrisi zat besi, daya tahan tubuh akan menjadi lebih kuat untuk melawan penyakit dan virus yang dapat menyebabkan pilek ataupun batuk. 

3. Mengurangi lelah

Kekurangan zat besi bisa membuat tubuh terasa lemas, bahkan pada pria maupun wanita yang tidak mengalami anemia. Mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi bisa mengembalikan energi di tubuh sehingga rasa lemas bisa segara hilang. 

Baca Juga: Waspada! Ini Dia Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi pada Perempuan

4. Meningkatkan kualitas tidur

Dilansir dari situs Verywell Health, ada penelitian di tahun 2015 yang menyebutkan bahwa orang-orang yang memiliki zat besi rendah, cenderung mengalami masalah tidur seperti insomnia.

Hal ini bisa diatasi dengan banyak mengonsumsi makanan tinggi zat besi. 

5. Meningkatkan konsentrasi

Ketika kekurangan zat besi dalam tubuh, seseorang akan lebih mudah lemas dan sulit berkonsentrasi sehingga mengganggu aktivitas harian. Dengan mencukupi kebutuhan zat besi harian, maka tubuh dan pikiran bisa bekerja dengan optimal. 

Anda cukupi kebutuhan zat besi harian agar bisa merasakan manfaat zat besi untuk tubuh. 

Selanjutnya: Makanan Rendah Kalori yang Baik untuk Dikonsumsi saat Diet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News