HOME, AturUang

Pentingnya Punya BPJS Kesehatan, Nyamannya Punya Asuransi Kesehatan Lain

Pentingnya Punya BPJS Kesehatan, Nyamannya Punya Asuransi Kesehatan Lain

MOMSMONEY.ID - Asuransi kesehatan menjadi wajib hukumnya di tengah kondisi pandemi Covid 19. Jangan sampai ketika Anda sakit, tidak bisa produktif bekerja ditambah  harus menguras dana darurat untuk proteksi kesehatan. 

Banyak orang memang sudah memiliki proteksi kesehatan yakni BPJS Kesehatan. Risza Bambang, perencana keuangan Oneshildt Financial Planner mengatakan beruntunglah masyarakat Indonesia karena memiliki program BPJS kesehatan. Orang yang tidak mampu membayar pun dibayari pemerintah, sehingga semua bisa memiliki askes ke pelayan kesehatan 

Yang menjadi pertanyaan apakah BPJS saja cukup untuk memproteksi kesehatan Anda? Risza bilang pilihan asuransi kesehatan itu sesuai kenyamanan masing-masing orang. 

Baca Juga: Covid-19 Melonjak, Ayo Cepat Beli Asuransi Kesehatan

"Ada yang sudah nyaman dengan BPJS kelas 3, kelas 2 maupun pelayanan di kelas satu.  Tapi ada pula yang tidak pernah menggunakan BPJS dengan alasan kenyamanan. Jadi tetap saja orang butuh asuransi kesehatan lain," kata Risza pada momsmoney.id

Risza menegaskan kembali dengan alasan kenyamanan tadi seseorang yang sudah memiliki BPJS biasanya akan tetap membeli asuransi kesehatan lainnya (swasta). Sehingga tak ada salahnya ketika memiliki budget lebih, bagi Anda yang sudah memiliki BPJS, tetap membeli asuransi kesehatan lainnya untuk proteksi ganda. 

Yang terpenting harus disesuaikan dengan kondisi keuangan. Misalnya saja pilih yang bisa mengcover rawat jalan tetapi limitnya tidak terlalu besar jika dananya pas-pasan. 

"Harus sesuaikan dengan kemampuan keuangan. Jangan dipaksakan," pesan Risza.

Selanjutnya: Perlukah Ikut Program Dana Pensiun di Luar Kantor? Ini Jawabannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News