Pentingnya Investasi untuk Memutus Sandwich Generation

Reporter: Francisca Bertha Vistika
Selasa, 28 September 2021 | 08:41 WIB
Pentingnya Investasi untuk Memutus Sandwich Generation

ILUSTRASI. Memutus sandwich generation bisa dilakukan dengan giat berinvestasi. Baik itu investasi dana pensiun maupun dana pendidikan.

MOMSMONEY.ID - Bagi anak memang sulit untuk menghindari sandwich generation. Yakni, posisi dimana kita harus menanggung hidup anak, diri sendiri, dan orang tua. 

Namun, bukan berarti tidak ada jalan keluar agar terhindar dari sandwich generation. Kita sebenernya bisa kok memutus hal ini.  

Ahmad Gozali Perencana Keuangan Safir Senduk dan rekan mengatakan, investasi yang diperlukan untuk memutus sandwich generation adalah investasi pada dana pensiun dan investasi pada pendidikan anak.

Baca Juga: Ini Dia yang Harus Dilakukan agar Beban Sandwich Generation Menjadi Ringan

Investasi untuk pensiun cenderung dalam jangka panjang, maka bisa memilih investasi yang sedikit lebih berisiko. 

"Untuk kemudian pelan-pelan dipindahkan ke investasi yang lebih rendah risikonya secara bertahap sesuai dengan jangka waktu menuju masa pensiun," Kata Ahmad. 

Sementara untuk pendidikan anak, investasinya bisa dibagi tiga antara jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Ahmad merinci, biasanya jangka pendek untuk masuk sekolah, jangka menengah untuk anak masuk sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas, dan jangka panjang untuk masuk kuliah. 

Selanjutnya: Harga emas terkoreksi pada perdagangan Selasa (28/9) pagi

 

 

 

Editor: Francisca bertha
Terbaru