HOME, Keluarga

Penting! Yuk, Pahami Tentang Kebutuhan Tanaman Akan Sinar Matahari yang Tepat

Penting! Yuk, Pahami Tentang Kebutuhan Tanaman Akan Sinar Matahari yang Tepat

MOMSMONEY.ID - Dalam memelihara tanaman hias dan tanaman pangan, sinar matahari adalah elemen terpenting dalam pertumbuhan tanaman. Tanaman yang kekurangan sinar matahari akan mengalami masalah-masalah pertumbuhan. Misalnya, tanaman kurus, jarak antar batang dan daun merenggang, warna daun yang kusam, dan kesulitan tanaman berbuah.

Namun, bukan berarti tanaman yang kelebihan sinar matahari juga baik. Masalah yang sama bisa juga terjadi ketika tanaman kelebihan sinar matahari. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tentang kebutuhan tanaman akan sinar matahari yang tepat. Namun sebelumnya, Anda perlu memahami dulu peran sinar matahari pada tanaman.

Baca Juga: Tertarik Ingin Menanam Tomat di Rumah? Ini Langkah-Langkah Menanamnya

Dilansir dari The Spruce, tumbuhan menyerap energi cahaya dan mengubahnya menjadi energi melalui fotosintesis. Melalui proses ini, tumbuhan akan menghasilkan berbagai zat seperti glukosa, oksigen, dan air. Energi ini kemudian dapat digunakan oleh tanaman itu sendiri dan makhluk hidup di sekitarnya.

Jika merujuk dari Home Guides SF Gate, di alam, setiap spesies tanaman telah beradaptasi dengan kisaran intensitas cahaya tertentu yang memungkinkan fotosintesis berlangsung paling efisien. Artinya, beberapa tanaman membutuhkan jumlah sinar matahari yang berbeda-beda bergantung jenisnya. Sebagian tanaman dapat bertahan dalam sinar matahari yang jumlahnya sedikit, sementara yang lain membutuhkan sinar matahari yang lebih banyak. Namun, tanaman berdaun tebal seperti kaktus dan sukulen, dapat bertahan dalam sinar matahari yang berlebih.

Baca Juga: Tak Semudah Itu, Ini Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menyiram Tanaman

Hal tersebut dapat menunjukkan bahwa tak ada satu pun tanaman yang sama sekali tak membutuhkan sinar matahari. Maka, penting bagi Anda untuk mengenal jenis tanaman yang akan Anda tanam sebelum merawatnya.

Seberapa Sering Tanaman Seharusnya Terkena Sinar Matahari

Pertanyaan ini sering muncul bagi para pemula. Seberapa sering tanaman seharusnya terkena sinar matahari adalah bergantung pada jenis tanaman itu sendiri. Namun, pada umumnya tanaman hias membutuhkan setidaknya enam hingga delapan jam setiap hari untuk terpapar sinar matahari.

Beberapa tanaman seperti keladi, hydrangea, dan tanaman lain tumbuh subur di tempat yang teduh atau lokasi yang tak banyak terkena sinar matahari langsung, membutuhkan sinar matahari paling tidak dua jam setiap harinya. Sementara tanaman sayur dan buah umumnya membutuhkan sinar matahari langsung yang penuh agar bunganya mekar. 

Selanjutnya: Rekomendasi 6 Kaktus Mini untuk Tanaman Hias dalam Ruangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News