HOME, Bugar

Penting, Warna Kulit Jadi Pertimbangan untuk Berjemur

Penting, Warna Kulit Jadi Pertimbangan untuk Berjemur

MOMSMONEY.ID - Dalam masa pandemi saat ini proses pembentukan vitamin D dapat dibantu dengan kegiatan berjemur. Vitamin D dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan imun dalam tubuh yang membantu berperang melawan virus dan penyakit. 

Ternyata ada banyak faktor yang dapat pengaruhi kegiatan berjemur dan juga hasilnya. Seperti salah satunya adalah tipe kulit. 

Menurut diagram tipe kulit dan warna oleh Fitzpatrick, seorang dermatologist asal Amerika, terdapat 6 jenis tipe warna kulit beserta sifat-sifatnya. Dengan memperhatikan dimana letak atau tingkatan warna kulit Anda, maka Anda dapat lebih mudah untuk memperoleh manfaat dari berjemur.

Baca Juga: Suka Berjemur Saat PPKM? Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Berjemur, Ya

Fitzpatrick skin chart

Tipe kulit 1 dan 2 biasanya adalah orang-orang yang memiliki warna kulit pucat dan terang. Warna rambut pirang atau cenderung terang. Medical News Today menyatakan bahwa orang dengan tipe warna kulit seperti ini hanya membutuhkan waktu singkat untuk berjemur daripada tipe warna kulit gelap.

Karena tipe ini memiliki reaksi kulit yang mudah terbakar jika terkena sinar matahari. Orang-orang dengan tipe kulit ini memiliki kulit yang tidak mudah menggelap jika terpapar sinar matahari. Namun perlu diketahui orang-orang yang berada pada tipe kulit ini sanga rentan terkena kanker kulit. Maka dari itu penggunaan sunscreen tetap disarankan sebelum memulai aktifitas berjemur.

Karakteristik dari tipe kulit 3 ini adalah adanya rona kuning pada warna kulit. Terkadang dapat terbakar jika terpapar sinar matahari dan dapat menggelap. Jadi orang-orang dengan tipe kulit ini juga disarankan untuk tidak berlama-lama berjemur. 

Baca Juga: Gua Sha, Beauty Tools Viral Bantu Tiruskan Wajah

Karakteristik 4 dan 5 biasanya dimiliki oleh sebagian besar orang Indonesia. Dengan karakteristik kulit sawo matang hingga gelap, orang-orang dengan warna kulit ini tidak perlu takut untuk terbakar. Warna kulit pada tipe ini juga memiliki reaksi mudah menggelap terhadap sinar matahari. Orang dengan tipe kulit lebih gelap biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk berjemur. 

Tipe kulit 6 biasanya dimiliki oleh orang-orang yang tinggal di benua Afrika. Tipe kulit ini karakteristik kulit yang sangat gelap. Kulit dapat menggelap dengan cepat namun tidak mudah untuk terbakar jika terkena paparan sinar matahari. 

Nah, jika sudah tahu pada tingkatan mana warna kulit Anda, maka sekarang Anda hanya perlu untuk selalu menggunakan sunscreen saat berjemur. Perhatikan pula UV Index yang ada di lokasi Anda. Agar Anda dapat memantau berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk berjemur. 

Selanjutnya: Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News