HOME

Penting! Servis Kaki-Kaki Mobil Anda Usai Perjalanan Mudik

Penting! Servis Kaki-Kaki Mobil Anda Usai Perjalanan Mudik

MOMSMONEY.ID - Pemerintah resmi memperbolehkan masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran 2022. Nah, usai melakukan perjalanan mudik, disarankan untuk tidak lupa mengecek kondisi kendaraan. Salah satunya adalah memeriksakan bagian kaki-kaki mobil.

Seperti diketahui, selain menjadi alas untuk pergerakan mobil, roda juga menjadi tumpuan dalam menahan bobot kendaraan. Belum lagi dengan medan perjalanan yang sangat bervariasi serta waktu tempuh yang cukup lama, membuat komponen tersebut memiliki kerja yang cukup berat. 

Maka dari itu, untuk memastikan kenyamanan ketika mobil akan digunakan kembali penting untuk melakukan pengecekan pada sektor kaki-kaki. 

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna mengatakan, pengecekan terhadap roda memang cukup jarang diperhatikan. Biasanya bila tidak ada masalah, pemilik mobil cenderung mengabaikan kondisinya, padahal dengan melakukan pengecekan lebih awal bisa mencegah kerusakan yang lebih parah.

“Akibat perjalanan jauh dengan melewati ragam medan, bisa saja membuat masalah pada kaki-kaki seperti terjadi pergeseran sehingga roda tak normal seperti semula,” ujar Suparna, beberapa waktu lalu.

Kondisi ini tentu membuat mobil menjadi tidak nyaman dikendarai, karena itu sebaiknya diberikan perhatian lebih sebelum mobil kembali digunakan. 

Baca Juga: Cara Pulihkan Kondisi Tubuh Setelah Mengemudi Jarak Jauh

Suparna menganjurkan, pemilik mobil sebaiknya melakukan servis berkala khusus untuk kaki-kaki. Bentuk perawatannya seperti spooring dan balancing roda. Kedua jenis perawatan ini berguna untuk menyetel ulang dan menyelaraskan kembali keempat roda mobil pada posisi semula. Dengan demikian, keseimbangan roda bisa kembali normal seperti sedia kala. 

“Mobil yang sudah harus dilakukan spooring biasanya akan muncul tanda seperti kemudi yang menyimpang ke salah satu sisi, padahal kondisi setir diarahkan lurus ke depan. Hal ini lantaran setelah toe in out serta camber dan caster-nya telah bergeser atau berubah dari posisi standar,” jelas dia.

Bila didiamkan, maka lambat laun akan membuat situasinya semakin parah. Kemudi bukan hanya terasa tertarik ke suatu sisi tertentu, tapi juga akan diikuti dengan getaran saat mobil dikendarai, bahkan kemudi juga terasa berat. 

“Pergeseran komponen pada posisi roda biasanya disebabkan beberapa hal. Mulai dari mobil terlalu sering berjalan di medan bergelombang atau rusak, menghantam lobang dalam kecepatan tinggi, atau karena memang sudah faktor usia,” imbuh Suparna.

Menurut Suparna, memang tidak ada patokan khusus kapan mobil harus dilakukan spooring dan balancing. Namun, untuk menjaga kenyamanan, maksimal melakukan satu kali dalam setahun.

Baca Juga: Pecah Ban di Jalan Tol, Awas Jangan Panik Injak Rem!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Usai Perjalanan Mudik, Jangan Lupa Urut Kaki-kaki Mobil"
Penulis : Aprida Mega Nanda
Editor : Azwar Ferdian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News