ads

Penting! Perhatikan 4 Hal Ini Saat Memilih Ikan untuk Aquascape

Sumber: Aquasabi
Rabu, 15 Juni 2022 | 13:52 WIB
Penting! Perhatikan 4 Hal Ini Saat Memilih Ikan untuk Aquascape

ILUSTRASI. Ini 4 hal yang perlu diperhatikan saat memilih ikan untuk aquascape


MOMSMONEY.ID - Aquascape merupakan seni yang membutuhkan kreativitas dan pengetahuan mendalam tentang pemilihan komponen isi akuarium agar tercipta keindahan. Elemen-elemen tak hanya menjadi penentu dalam menghias aquascape, namun juga disarankan untuk memilih ikan yang tepat.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan jenis ikan:

Spesies ikan

Dilansir dari Aquasabi, stok ikan dalam aquascape biasanya tidak terdiri dari banyak spesies yang berbeda. Alasannya adalah untuk ketenangan dan harmoni, sehingga hanya satu kawanan yang lebih besar dari satu spesies ikan tertentu yang dipilih.

Artinya, ini akan meningkatkan kesejahteraan hidup satu kawanan ikan dan cukupnya ruang di akuarium. Namun, beberapa invertebrata algiovora seperti udang dan siput dapat ikut melengkapi kehidupan aquascape yang seimbang.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Merawat Ikan Mas Koki. Simak Penjelasannya!

Sesuaikan warna ikan dengan tema aquascape

Ingat, aquascape adalah tentang keindahan. Maka, sangat penting untuk memilih warna ikan untuk menciptakan ketenangan dan harmonisasi dalam aquascape. Misalnya, ikan berwarna keperakan akan cocok dengan gaya aquascape iwagumi di mana ikan akan sangat cocok dengan warna-warna elemen batu.

Selain itu, warna-warna hangat seperti merah, kuning, dan oranye dapat dipadukan untuk jenis aquascape yang lain. Ini adalah konsep yang menciptakan kontras visual dengan tanaman melalui ikan. Ikan merah di antara tanaman air hijau memiliki pancaran khusus.

Jenis tata letak atau gaya akuarium juga membutuhkan jenis ikan yang tertentu juga. Misalnya mempertimbangkan gaya berenang ikan. Dalam gaya iwagumi, ikan dengan perilaku gerombolan akan sangat cocok. Sementara itu, di gaya hutan yang mana banyak akar dan tanaman air akan cocok dengan ikan-ikan yang ramai untuk mendukung kesan liar. Dengan demikian, isi akuarium akan memberikan gambaran yang harmonis.

Ukuran ikan

Umumnya, ikan yang dipilih adalah yang berukuran kecil. Paling tidak berukuran 3 cm-4 cm. Ukuran ini ideal untuk ukuran akuarium dengan panjang 60 cm-100 cm.

Selain itu, melalui sudut pandang optik, spesies ikan punggung tinggi lebih cocok untuk akuarium yang lebih tinggi. Ikan ramping terlihat lebih baik untuk akuarium panorama memanjang.

Baca Juga: Ini 4 Macam Perubahan Warna Air Akuarium dan Penyebabnya

Kualitas air 

Selain itu, ada beberapa pertimbangan lain dalam memilih ikan. Salah satunya adalah kualitas air. Secara alami, kualitas air harus sesuai dengan suhu, nilai pH, dan kesadahan.

Banyak tanaman menyukai air yang asam dan lunak, serta aquascape sebagian besar dibuat dengan substrat aktif seperti tanah. Maka, ikan air lunak yang cocok adalah ikan tetra atau danion.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru
TOPIK TERPOPULER