Bugar

Penting! Pahami Jenis-Jenis Expired Date Pada Produk Skincare

Penting! Pahami Jenis-Jenis Expired Date Pada Produk Skincare

MOMSMONEY.ID - Pentingnya untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsa atau expired date sebuah produk, baik itu produk makanan dan skincare.

Expired date adalah kode atau tanda berisi informasi mengenai batas maksimal produk aman digunakan. Kode yang tertera di produk tersebut berfungsi agar konsumen lebih hati-hati dalam menggunakan produk setelah dibuka. 

Produk skincare yang telah melewati batas, tentunya akan mengalami perubahan seperti aroma, warna, tekstur, bentuk dan lain-lain. Jika Anda tidak berhati-hati, bisa menyebabkan kulit iritasi, kemerahan dan gatal-gatal.

Untuk lebih jelasnya, simak jenis-jenis expired date pada sebuah produk dilansir dari senka.id berikut ini: 

Expired Date

1. Tanggal “Sell by”

Pelabelan ini biasanya menginformasikan tanggal yang ditetapkan produsen untuk memberi tahu pengecer kapan produk harus keluar dari rak. Tujuan dari pelabelan "Sell by" adalah untuk memastikan konsumen memiliki produk dengan kualitas terbaik, mulai dari hitungan hari hingga minggu, tergantung pada itemnya.

Misalnya, susu, dengan asumsi pendinginan yang tepat, seharusnya dapat bertahan lima hingga tujuh hari setelah tanggal penjualan sebelum berubah menjadi asam.

Baca Juga: Cari Tahu Yuk! Ini Manfaat Daun Kale untuk Kesehatan Tubuh

2. Tanggal “Best if Used by” atau “Best Before”

Tulisan yang tercantum di kemasan dengan keterangan ini menjelaskan kualitas produk tersebut masih sangat baik digunakan sebelum tanggal tersebut.

Misal, produk telah melewati tanggal, namun tidak berubah warna/bau, maka masih aman untuk digunakan.

3. Tanggal “Use by”

Jika Anda menemukan produk dengan tulisan “Use by”, itu pertanda bahwa tanggal terakhir sebaiknya produk digunakan. Setelah tanggal ini terlewati (terutama pemilik kulit sensitif), sebaiknya tidak dianjurkan untuk menggunakannya kembali, sebab kualitas produk sudah menurun jauh.

4. Tanggal Kedaluwarsa atau “Expired”

Maksud dari “expired” atau “expiration date” berarti produk tidak layak dikonsumsi setelah melewati tanggal ini, sehingga wajib untuk dibuang. Apabila masih ingin digunakan, risiko yang timbul bisa berupa purging dan breakout.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News