HOME, Santai

Penting! Ketahui Dulu Jenis-jenis Parfum Berikut Ini Sebelum Membeli

Penting! Ketahui Dulu Jenis-jenis Parfum Berikut Ini Sebelum Membeli

MOMSMONEY.ID - Menggunakan parfum sudah menjadi keharusan untuk melengkapi penampilan seseorang. Rasa percaya diri pun juga dapat ditingkatkan jika menggunakan parfum yang memiliki bau sesuai dengan kepribadian.

Wewangian sendiri berdasarkan kategorinya terbagi menjadi 5 jenis. Berbeda tipe tentunya memiliki perbedaan juga dalam hal ketahanan baunya. Tergantung dari banyaknya kandungan minyak murni yang digunakan.

Yuk intip beberapa jenis wewangian agar tidak salah dan dapat menggunakan parfum sesuai dengan yang diinginkan.

Baca Juga: 5 Manfaat Baobab Oil untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Parfum

Dikenal juga dengan Extrait de Parfum, wewangian dengan tipe ini memiliki ketahanan 8-12 jam. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya kandungan minyak murni yang digunakan pada wewangian jenis.

Dengan konsentrasi yang digunakan antara 20% hingga 40%, wewangian dengan jenis ini biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal dibanding parfum jenis lain.

Eau de Parfum

Melansir dari laman Live Christian, Eau de Parfum (EDP) memiliki ketahanan antara 6 hingga 8 jam. Wewangian dengan jenis ini mengandung konsentrasi minyak murni sebanyak 15% dan aman digunakan bagi pemilik kulit sensitif, karena kandungan alkohol yang lebih rendah dari parfum.

Dengan konsentrasi tersebut EDP biasanya dipasarkan dengan harga yang lebih terjangkau. EDP juga merupakan jenis parfum yang cocok digunakan sebagai parfum harian.

Baca Juga: Ini Cara Meditasi yang Benar untuk Pemula. Simak Penjelasannya!

Eau de Toilette

Eau de Toilette (EDT) adalah jenis wewangian dibawah EDP yang dapat ditemui dengan mudah. Laman Perfume menjelaskan bahwa wewangian tipe ini memiliki konsentrasi skala minyak murni pada 5% hingga 15%.

Wewangian tipe ini memiliki ketahanan selama 2 hingga 3 jam saja. Sehingga penggunanya perlu untuk menyemprotkan kembali parfumnya setelah 2-3 jam.

Eau de Cologne

Dengan konsentrasi minyak wewangian murni 2% hingga 4% membuat Eau de Cologne (EDC) menjadi wewangian yang memiliki harga murah dibanding wewangian jenis lainnya.

Dengan kecilnya konsentrasi tersebut membuat ketahanan wanginya hanya bertahan sebentar yaitu sekitar maksimal dua jam saja. Namun keuntungannya adalah parfum EDC biasanya akan dijual dengan kemasan lebih besar.

Eau Fraiche

Eau Fraiche atau body mist ini adalah jenis wewangian yang hampir sama dengan EDC. Wewangian jenis ini juga hanya akan bertahan secara maksimal dua jam saja.

Hal tersebut disebabkan karena Eau Fraiche atau body mist hanya mengandung 1% hingga 3% konsentrasi minyak wewangian murni. Parfum jenis ini mengandung jumlah alkohol yang lebih rendah rendah dibanding jumlah kandungan airnya, sehingga membuat body mist aman untuk digunakan pada kulit sensitive.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News