Santai

Penting! 7 Tips Agar Smartphone Aman dan Tidak Diretas

Penting! 7 Tips Agar Smartphone Aman dan Tidak Diretas

MOMSMONEY.ID - Smartphone menjadi perangkat serba guna yang dimiliki setiap orang. Simak tips agar smartphone aman dan terhindar dari peretasan. 

Saat ini masih banyak orang yang lalai dalam hal privasi dan keamanan smartphone. Oleh karena, Anda perlu mengetahui cara agar smartphone aman dan tidak diretas. 

Berikut ini 7 tips mudah untuk memastikan privasi dan keamanan smartphone!

TECH-SOCIALMEDIA/ADVERTISING

1. Jangan lupa logout dari situs belanja e-commerce

Setelah transaksi selesai di situs, jangan lupa untuk keluar dari akun Anda. Terlebih lagi, jika Anda melakukan transaksi apa pun di jaringan wi-fi publik.

2. Lihat sebelum Anda mengisi daya

Mengutip Gadget Now, “Juice jacking” adalah penipuan umum yang digunakan peretas.

Apa yang mereka lakukan adalah menyiapkan stasiun pengisian daya palsu dan setelah Anda mencolokkan telepon, mereka bisa mendapatkan akses ke data Anda atau memasang malware apapun di dalamnya.

3. Lakukan 'audit' aplikasi sesekali

Aplikasi ada untuk semuanya dan beberapa di antaranya datang dengan kelemahan keamanan. Jangan membabi buta memberikan izin akses ke setiap aplikasi. 

Anda selalu dapat memeriksa aplikasi mana yang telah Anda beri akses dan mengubah akses jika Anda merasa tidak nyaman dengan aplikasi tersebut.

Baca Juga: Cara Menggunakan NFC di iPhone, Ini Daftar Perangkat yang Mendukung untuk Cek Saldo

4. Aktifkan penghapusan jarak jauh

Kehilangan telepon dapat terjadi pada siapa saja dan ketika itu terjadi ada perasaan tenggelam - "bagaimana dengan data, foto, dan segalanya".

Baik ponsel Android dan iPhone memberi Anda opsi untuk menghapus ponsel dari jarak jauh. Jadi meskipun kehilangan ponsel, Anda dapat yakin bahwa data Anda belum diakses.

5. Selalu perbarui smartphone

Sangat penting bagi pengguna untuk selalu memperbarui ponsel cerdas mereka. 

Meskipun ini mungkin tampak tidak nyaman, ini membantu karena pembuat ponsel cerdas membuat tambalan keamanan dalam pembaruan OS yang memperbaiki kelemahan dan kerentanan keamanan tertentu yang dapat dieksploitasi oleh aktor jahat.

6. Pilih kata sandi yang kuat

Jangan menulis sandi di dokumen atau catatan di komputer atau ponsel. Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan bagi banyak orang tetapi harus dilakukan.

Jangan menggunakan kata sandi seperti "kata sandi" atau "123456". Keduanya merupakan dua kata sandi yang paling umum di tahun 2022

Baca Juga: Cara Mengembalikan Pesan WA yang Terhapus di Android dan iPhone, Coba Pakai Fitur Ini

7. Matikan Bluetooth dan Wi-Fi

Peretas benar-benar dapat melihat jaringan apa yang telah Anda sambungkan sebelumnya jika Anda mengaktifkan Wi-Fi dan Bluetooth.

Ini memungkinkan mereka untuk terhubung ke ponsel Anda dan mengisinya dengan malware atau bahkan memata-matai Anda. Lebih baik matikan Bluetooth dan Wi-Fi kecuali Anda benar-benar menginginkannya.

Nah itulah beberapa tips agar smartphone aman dan terhindar dari peretasan yang tidak diinginkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News