HOME, Santai

Penjualan Smartphone 5G di Global Mulai Panas

Penjualan Smartphone 5G di Global Mulai Panas

MOMSMONEY.ID - Animo masyarakat global menggunakan smartphone berjaringan 5G mulai meningkat. Menurut perusahaan riset pasar Counterpoint, penjualan smartphone 5G di seluruh dunia terus meningkat. Untuk pertama kalinya, penjualan smartphone 5G unggul dibandingkan smartphone 4G.

Dilansir dari Gizmo China, Counterpoint melaporkan pada Januari 2022, sebanyak 51% perangkat yang terjual di seluruh dunia adalah smartphone dengan kemampuan jaringan 5G. Peningkatan penjualan smartphone 5G terutama terlihat di Tiongkok. Selama bulan pertama tahun 2022 ini, 84% penjualan smartphone di pasar Tiongkok adalah smartphone 5G.

"Pertumbuhan penjualan smartphone 5G dari operator telekomunikasi Tiongkok didukung keinginan manufaktur menyediakan smartphone 5G dengan harga kompetitif bagi konsumen," tulis laporan Counterpoint.

Baca Juga: iPhone SE Kembali Diluncurkan, Simak Keunggulannya iPhone SE Kembali Diluncurkan, Simak Keunggulannya

Ada dua faktor pendorong penjualan smartphone 5G, yakni upaya manufaktur dan kesuksesan iPhone. Seperti diketahui, Apple meluncurkan iPhone yang mendukung konektivitas 5G pada akhir 2022, yakni iPhone 12 series.

iPhone 12 series disebut-sebut mendulang kesuksesan besar di seluruh dunia, meski industri smartphone tengah dalam kelangkaan chipset. Tak dipungkiri nama besar Apple turut mendorong penjualan smartphone 5G.

Di Indonesia, teknologi smartphone 5G masih bisa dibilang baru. Pertama kali bisa beroperasi di bulan Mei 2021. Hingga akhir tahun lalu, diperkirakan kontribusi penjualan smartphone 5G baru 7% dari total penjualan di Tanah Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News