Bugar

Penikmat Durian Wajib Tahu, Ini Manfaat Durian yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh

Penikmat Durian Wajib Tahu, Ini Manfaat Durian yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa manfaat durian yang luar biasa untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Durian adalah salah satu buah eksotis yang populer dari Asia Tenggara. Selain memiliki rasa yang khas, durian juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.  

Buah yang identik dengan duri dan aromanya ini ternyata tidak hanya enak untuk disantap. Durian mengandung ragam vitamin dan mineral, karbohidrat, lemak, serta protein. 

Selain dinikmati mentah, banyak pula yang mengonsumsi durian dalam bentuk jus, direbus, diolah menjadi pancake atau bahkan dijadikan pendamping menu makanan utama.  

Tak hanya terkenal dengan karakteristik uniknya, durian juga mengandung vitamindan mineral yang termasuk tinggi bila dibandingkan dengan buah-buahan kebanyakan.  

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan Tubuh. Konsumsi Rutin Moms!

Selain itu, melansir dari Mayo Clinic, berikut beberapa manfaat durian yang baik untuk kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui, antara lain:  

1. Memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat

Manfaat durian yang luar biasa untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui pertama adalah memiliki banyak kandungan nutrisi.

Buah ini mengandung serat yang dapat mencegah diare, sembelit, dan divertikulitis atau infeksi pada kantongan di saluran pencernaan. 

Selain serat, Anda juga bisa memenuhi asupan protein dari durian. Buah eksotis ini juga mengandung vitamin C, vitamin B-6, potassium, tembaga, riboflavin, dan tiamin.  

2. Mencegah risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Manfaat lain dari durian adalah menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Ini karena durian memiliki gizi yang bsia membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda.  

Tak hanya itu, buah berduri ini juga diyakini mampu mengurangi risiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi berkat kandungan asam lemak di dalamnya.  

Baca Juga: Baik Dikonsumsi Saat Diet, Ini Sederet Manfaat Telur Rebus Moms

3. Melawan infeksi bakteri

Manfaat durian yang luar biasa untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui ketiga adalah melawan infeksi bakteri. 

Terdapat senyawa flavonoid, terpenoid, steroid, fenolik dan tanin pada kulit durian.

Namun, untuk mendapatkan manfaatnya harus dilakukan ekstraksi terlebih dahulu di laboratorium.  

Senyawa-senyawa ini dapat melawan bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat dan hal ini telah terbukti oleh suatu penelitian yang dilakukan di Bali. 

4. Memperkecil peluang terkena kanker

Manfaat durian yang luar biasa untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui keempat adalah memperkecil peluang terkena kanker. 

Anda juga dapat mengurangi risiko terkena kanker dengan rutin mengonsumsi buah durian. Hal ini dikaji dalam sebuah studi dari jurnal Food Chemistry. 

Selain itu, kandungan polifenol pada durian juga mengurangi aktivitas apoptosis. Apoptosis adalah salah satu proses yang memicu perkembangan sel kanker dalam tubuh.  

Baca Juga: Jangan Disepelekan Moms! Ini 5 Penyebab Utama Asam Lambung Naik

5. Mencegah penuaan dini

Manfaat durian yang luar biasa untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui kelima adalah mencegah penuaan diri. 

Siapa sangka bahwa ternyata manfaat durian juga dapat menjaga kesehatan kulit?

Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya berperan dalam memperlambat tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan, rambut rontok, bahkan gigi goyang.

Itulah beberapa manfaat durian yang luar biasa untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News