kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengkritik Sebut Robert Kiyosaki Ajarkan Taktik Ilegal, Ini Gagasan Kontroversialnya


Senin, 17 April 2023 / 09:11 WIB
Pengkritik Sebut Robert Kiyosaki Ajarkan Taktik Ilegal, Ini Gagasan Kontroversialnya
ILUSTRASI. Dalam dunia investasi pribadi yang kontroversial, tidak ada sosok yang lebih besar dari Robert Kiyosaki.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Dalam dunia investasi pribadi yang kontroversial, tidak ada sosok yang lebih besar dari Robert Kiyosaki.

Melansir Famous Entrepreneurs, Kiyosaki adalah keturunan Jepang-Amerika yang lahir di Hilo, Hawaii. Dia melanjutkan pendidikan ke US Merchant Marine Academy segera setelah lulus dari Hilo High School. 

Dia lulus dari akademi sebagai perwira dek pada tahun 1969 dan dianugerahi Medali Udara ketika dia bertugas di Perang Vietnam sebagai pilot tempur. 

Pada tahun 1975 Kiyosaki keluar dari Korps Marinir dan bekerja sebagai penjual mesin Xerox. Tiga tahun kemudian dia memulai perusahaannya sendiri yang menjual dompet peselancar Velcro. 

Perusahaan melakukannya dengan baik untuk beberapa waktu tetapi sayangnya bangkrut. Di awal tahun 1980-an Kiyosaki mencoba peruntungan di bisnis yang bersertifikat T-shirt band heavy metal rock. Dia menjual bisnis ini pada tahun 1985. 

Hampir satu dekade kemudian setelah berjuang untuk mencapai kesuksesan, Kiyosaki memutuskan untuk pensiun pada usia 47 tahun. Namun dia bangkit sekali lagi pada tahun 1997 ketika dia mendirikan Cashflow Technologies, Inc. 

Baca Juga: 10 Tips Keuangan Terbaik Sepanjang Masa dari Robert Kiyosaki

Perusahaan ini menggabungkan dan menjalankan dua merek miliknya. yaitu, Rich Dad and Cashflow.

Buku keuangan klasiknya, Rich Dad Poor Dad, telah terjual sekitar 40 juta eksemplar, tetapi Kiyosaki tidak lepas dari kritik. 

Para pengkritiknya mengklaim bahwa dia tidak kaya sebelum bukunya sukses dan bahwa seminar yang digelarnya mengajarkan taktik yang tidak sehat atau ilegal.

Namun, Robert Kiyosaki masih bernilai sekitar US$ 100 juta, baik dari investasi maupun pemasaran yang hebat. Dia jelas memahami sesuatu tentang keuangan, apakah pendapatnya dapat dipercaya atau tidak.

Berikut adalah empat contoh gagasan atau nasihat yang dianut oleh Robert Kiyosaki yang kontroversial seperti yang dilansir dari themakingofamillionaire.com

Baca Juga: Tips Investasi Terbaik Versi Robert Kiyosaki Saat The Fed Terus Cetak Uang Baru

1. Temukan mitra hebat untuk mendorong kemajuan Anda

Robert Kiyosaki setuju dengan gagasan umum tentang memiliki mitra yang hebat:

“Menemukan pasangan yang baik adalah kunci sukses dalam segala hal: dalam bisnis, pernikahan, dan terutama dalam berinvestasi.”

Sukses dalam segala hal membutuhkan bantuan, tetapi terlalu bergantung pada orang lain dapat menyebabkan ketidakberdayaan. Klaim Kiyosaki bahwa "kunci kesuksesan dalam segala hal" adalah tim yang hebat dapat dengan mudah diruntuhkan.

Namun demikian, sangat penting untuk memiliki orang-orang hebat yang bekerja dengan Anda; mereka dapat memberikan pendapat kedua dan informasi yang tidak akan pernah Anda ketahui.

Baca Juga: Robert Kiyosaki Sebut Pemegang Aset Ini akan Semakin Kaya

2. Siapa pun bisa menjadi kaya jika mereka mengelola uang dengan benar

“Orang miskin dan kelas menengah bekerja demi uang. Orang kaya punya uang yang bekerja untuk mereka," kata Robert Kiyosaki.

Premis dari kutipan ini adalah bahwa orang kaya menciptakan bisnis untuk menyelesaikan masalah dan menghasilkan uang sendiri. Semua orang menjual waktu mereka demi uang, jadi mereka dibatasi oleh waktu yang mereka miliki.

Secara teknis, ini benar. Semua orang terkaya (yang tidak mewarisi kekayaannya) selalu menemukan cara untuk menghasilkan uang, tidak hanya dengan menjual tenaga mereka.

Namun, masalah dengan ide Kiyosaki adalah menyalahkan orang-orang yang tidak berhasil secara finansial atas masalah mereka sendiri. Banyak orang tidak pernah memiliki kesempatan untuk mencapai kesuksesan finansial karena mereka telah bekerja untuk bertahan hidup sepanjang hidup mereka.

Hasil positif dari ide ini adalah Anda perlu menemukan cara untuk menghasilkan uang bahkan saat Anda tidak bekerja. Peringatannya adalah Anda tidak bisa selalu menyalahkan orang miskin karena kekurangan uang.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×