HOME, Bugar

Pengidap Insomnia Wajib Tahu! Ini Cara Mendapatkan Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Pengidap Insomnia Wajib Tahu! Ini Cara Mendapatkan Tidur Nyenyak dan Berkualitas

MOMSMONEY.ID - Tidur yang tidak nyenyak merupakan masalah yang cukup umum. Namun, ada beberapa cara tidur nyenyak yang bisa Anda coba lakukan agar kualitas tidur menjadi lebih baik.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kurang tidur atau tidur tidak nyenyak bisa menyebabkan penurunan daya pikir, tingkat konsentrasi, dan kemampuan bekerja seseorang.

Tak hanya meningkatkan kualitas tidur, tidur nyenyak juga baik untuk kesehatan fisik dan mental. Oleh karena itu, diperlukan cara agar tidur nyenyak dan berkualitas pun bisa Anda dapatkan.

 Inilah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk membantu membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas, dilansir dari Sleep Education.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

1. Jangan makan malam dekat waktu tidur

Proses pencernaan butuh waktu yang tidak sebentar, dan tentunya Anda tidak ingin langsung buru-buru berbaring setelah makan. Langsung tidur sesudah makan bisa meningkatkan kadar asam lambung dan memicu sakit maag.

Terkadang bisa juga menimbulkan rasa panas di perut, dada, dan tenggorokan. Beri jarak yang cukup antara waktu makan malam dan waktu tidur Anda.

 2. Hindari olahraga berat sebelum tidur

Olahraga dapat menghasilkan efek lelah yang membuat Anda mudah terlelap. Namun, aktivitas ini juga dapat menghasilkan efek segar yang justru membuat tubuh semakin terjaga.

Bagi Anda yang sulit tidur setelah berolahraga, disarankan untuk menggantinya dengan relaksasi yang menenangkan, seperti melakukan yoga, membaca buku, berendam air hangat, atau mendengarkan musik

3. Hindari main handphone atau laptop di tempat tidur

Melatonin, hormon alami tubuh yang diproduksi oleh kelenjar pituitary yang membantu Anda tidur, hanya ada di malam hari.

Jadi, saat Anda mematikan lampu kamar dan berhenti mengutak-atik handphone sebelum tidur, otak dan mata Anda akan mulai mengirimkan sinyal ke kelenjar pineal Anda untuk mulai memproduksi melatonin.

Baca Juga: 5 Cara Agar Bisa Cepat Tidur untuk Pengidap Insomnia

4. Batasi waktu tidur siang

Tidur siang diketahui baik untuk tubuh. Namun, jangan tidur siang terlalu lama sebab bisa menjadi penyebab sulit tidur di malam hari.

Jika ingin menghindari tidur siang, Anda bisa melakukan kegiatan santai lainnya, seperti berjalan kaki, minum minuman dingin, atau berbincang dengan keluarga.

5. Hindari minum kopi dan alkohol di sore hari

Untuk mendapatkan tidur berkualitas, hentikan konsumsi kafein dalam bentuk apapun (teh, kopi, minuman energi, soda, bahkan permen cokelat) dan alkohol setidaknya delapan jam sebelum waktu tidur.

Oleh karena itu, tidur nyenyak sangat penting bagi kesehatan fisik maupun mental. Banyak cara tidur nyenyak yang dapat diterapkan.

Namun, jika cara di atas sudah dilakukan tetapi Anda tetap sulit untuk tidur nyenyak, konsultasikan ke dokter agar dapat dilakukan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News