HOME, Keluarga

Pengguna AC, Jangan Lakukan Kesalahan Ini Supaya Hemat Listrik!

Pengguna AC, Jangan Lakukan Kesalahan Ini Supaya Hemat Listrik!

MOMSMONEY.ID - Bagi penduduk Indonesia yang sehari-hari akrab dengan udara panas, memiliki AC di rumah sudah menjadi hal biasa, terutama bagi mereka yang tinggal di wilayah perkotaan.

Pasalnya, keberadaan AC sangat membantu dalam mendinginkan dan menyejukkan udara, sehingga momen beristirahat dan bersantai di dalam rumah akan semakin nyaman.

Sama dengan alat elektronik lainnya, AC perlu digunakan dengan benar supaya awet dan bisa bekerja dengan baik. Jadi, jangan sampai Anda melakukan beberapa kesalahan yang akan membuat AC sulit bekerja dengan optimal.

Baca Juga: 6 Tips Nyaman Tinggal di Rumah Kontrakan, Mudah Dilakukan!

Nah, kira-kira apa saja kesalahan yang sering terjadi saat menggunakan AC? Berikut penjelasannya.

Menggunakan AC dengan kapasitas yang salah

Setiap AC didesain untuk mendinginkan ruangan dengan luas yang berbeda-beda. Misalnya, ada AC yang cocok untuk ruangan kecil, ada pula AC yang lebih cocok untuk ruangan berukuran besar. Jadi, pertimbangkan aspek ini saat akan membeli AC.

Dikutip dari laman Oasis Aircon, jika Anda menggunakan AC berkapasitas kecil di ruangan yang luas, komponen di dalam AC tersebut akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan sehingga AC akan lebih cepat rusak. Sebaliknya, AC yang berkapasitas lebih besar di ruangan kecil akan membuat ruangan terlalu dingin.

Jarang membersihkan AC

AC memiliki komponen-komponen seperti evaporator dan filter yang kerap mengumpulkan debu dan kotoran. Jika kotoran dan debu ini menumpuk, kinerja AC akan menurun sehingga mesinnya harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan.

Untuk mencegah mesin AC yang menurun akibat penumpukan kotoran, jangan lupa untuk rutin membersihkan AC dan komponen-komponen yang ada di dalamnya. Anda bisa membersihkannya sendiri, maupun memanggil jasa profesional.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Weighted Blanket Lokal yang Berkualitas dan Nyaman

Menyetel suhu yang terlalu rendah

Melansir laman Family Handyman, banyak orang yang beranggapan bahwa suhu AC yang rendah akan membantu mendinginkan ruangan lebih cepat.

Kenyataannya, menyetel suhu yang terlalu rendah saat menyalakan AC justru akan membuat AC bekerja lebih keras, sehingga membuat listrik makin boros. Sebaiknya, nyalakan AC dalam suhu biasa, lalu baru turunkan secara bertahap saat ruangan mulai dingin.

Baca Juga: Cuka Bisa Digunakan untuk Membersihkan Benda Ini, Coba Yuk!

Menyalakan AC saat tidak ada orang

Saat Anda akan meninggalkan ruangan ber-AC dalam jangka waktu lama, pastikan Anda selalu mematikan AC tersebut. Hindari menyalakan AC saat tidak ada orang di ruangan tersebut, apalagi meninggalkan AC menyala terus-menerus.

Hampir sama dengan poin sebelumnya, hal tersebut akan memicu penggunaan listrik yang berlebihan, sehingga membuat tagihan listrik makin boros. Selalu gunakan AC secukupnya saja.

Tidak menutup jendela

Tujuan utama dari AC adalah mendinginkan suatu ruangan. Oleh karena itu, Anda perlu meminimalisir hal-hal yang dapat meningkatkan suhu di ruangan tersebut.

Tanpa disadari, jendela yang dibiarkan terbuka di siang hari bisa menyebabkan suhu ruangan makin panas, lo. Sebab, cahaya matahari yang masuk melalui jendela juga turut membawa suhu panas. Sebaiknya, tutup jendela dengan tirai saat menyalakan AC sehingga suhu ruangan lebih terjaga.

Itulah beberapa kesalahan yang kerap terjadi saat sedang menggunakan AC. Yuk, hindari kesalahan-kesalahan tersebut mulai sekarang!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News