Santai

Penggemar Kopi Wajib Tahu, Ini Sejarah Penyebaran Kopi di Dunia

Penggemar Kopi Wajib Tahu, Ini Sejarah Penyebaran Kopi di Dunia

MOMSMONEY.ID - Selain mengenali jenis kopi, pecinta kopi juga sebaiknya mengetahui sejarah perkembangan kopi di dunia.

Sebagai penggemar kopi, mengetahui sejarah perkembangan kopi tentu diperlukan. Apalagi, jika ingin mengenalkan kopi kepada kaum awam.

Kopi pertama kali ditemukan oleh bangsa Etiopia di Benua Afrika. Lalu, kopi mulai diperkenalkan pertama kali pada abad ke-15.

Baca Juga: Ada yang Istimewa dari Otten Coffee untuk Sambut Ramadan

Kopi dalam sejarahnya berasal dari bangsa Afrika, saat itu orang-orang bangsa Etiopia memiliki kegemaran untuk menyeduh biji kopi yang dicampurkan dengan lemak hewan dan anggur.

Dalam sejarah Etiopia, mengutip laman National Coffee Association USA (NCA), awal mula legenda bercerita bahwa penggembala kambing di Etiopia adalah yang pertama menemukan biji kopi.

Penggembala tersebut menemukan biji kopi setelah ia memperhatikan, setelah memakan buah beri dari pohon tertentu, kambingnya menjadi sangat energik dan tidak tidur semalaman.

Hingga kemudian, kabar penemuan tersebut menyebar luas dan mencapai Arab.

Baca Juga: Wajib Dikunjungi! 10 Starbucks Dengan Desain Interior Terkeren di Berbagai Negara

Secara etimologi, kopi berasal dari Bahasa Arab yaitu qahwah. Qahwah memiliki arti kekuatan karena pada awalnya kopi digunakan sebagai salah satu minuman berenergi tinggi untuk menambah kekuatan.

Laman Home Grounds menjelaskan, kopi di Arab pada mulanya dikenal sebagai wine of Araby. Minuman tersebut kemudian menyebar luas dan populer di beberapa rumah kopi di Arab.

Lalu, seiring dengan perkembangan zaman, qahwah mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari Turki.

Tak berhenti di Turki, kahveh kembali mengalami perubahan nama menjadi koffie dalam Bahasa Belanda yang kemudian diserap menjadi kopi dalam Bahasa Indonesia.

Setelah itu, kemudian kopi semakin berkembang ke pasar Eropa, Prancis, dan juga Brasil. Tentu saja, perkembangan kopi untuk diseduh juga berkembang seiring dengan perkembangan kopi di seluruh pasar dunia.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Jenis Kopi Susu yang Manis, Cocok Bagi Peminum Kopi Pemula

Kopi memiliki dua jenis kopi umum yang berasal dari biji Robusta dan Arabica. Keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal rasa.

Selain itu, kopi sendiri juga telah dimodifikasi dalam beberapa jenis minuman modern dan khas dari sebuah daerah yang ada di dunia.

Sehingga, pengalaman merasakan kopi yang khas dari setiap daerah bisa dirasakan oleh penikmat kopi.

Itulah tadi perkembangan sejarah singkat mengenai perkembangan kopi di dunia yang tentu wajib diketahui para penikmat kopi, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News