HOME, Bugar

Pengertian Ritme Sirkandian dan Manfaatnya untuk Tubuh

Pengertian Ritme Sirkandian dan Manfaatnya untuk Tubuh

MOMSMONEY.ID - Ritme sirkandian adalah siklus 24 jam yang merupakan bagian dari jam internal tubuh, termasuk siklus bangun tidur. Ritme sirkandian ini adalah jam-jam biologis tubuh yang bisa mempengaruhi mood Anda setiap harinya.  

Dilansir dari Health Harvard, pentingnya ritme sirkandian untuk tubuh adalah dapat mendorong tidur yang konsisten dan bisa mengembalikan atau memulihkan energi. Tetapi, ketika ritme sirkandian tidak teratur dapat menciptakan masalah tidur, termasuk mengakibatkan insomnia. 

Baca Juga: Penat Karena WFH? Yuk, Coba 3 Aroma Essential Oil Ini Untuk Relaksasi

Penelitian juga mengungkapkan bahwa ritme sirkandian memainkan peran berkesinambungan dalam berbagai aspek kesehatan fisik dan mental. Itu sebabnya ritme sirkandian dalam tubuh harus teratur agar tubuh tetap sehat dan hal ini akan memengaruhi mood menjadi lebih baik juga. 

Cara kerja ritme sirkandian dikendalikan oleh banyak gen yang bertanggung jawab atas berbagai fungsi penting tubuh seperti menjaga suhu tubuh, metabolisme, pencernaan dan rasa lapar. 

Bagaimana ritme sirkandian memengaruhi mood? Ritme sirkandian yang tidak teratur dapat berdampak negatif pada kemampuan seseorang untuk tidur, yang mengakibatkan insomnia. 

Baca Juga: Ini Bedanya Tidur Bermimpi dan Tanpa Mimpi

Fungsi sehari-hari yang terganggu akibat ritme sirkandian yang tidak bekerja dengan baik mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan mental, termasuk gangguan mood seperti depresi, kecemasan, gangguan bipolar dan gangguan afektif musiman. 

Ritme sirkandian bisa diolah dengan cara melakukan tidur malam tepat waktu, bangun pagi juga tepat waktu. Selain itu ritme sirkandin bisa dilatih dengan cara santai dan rileks dalam menghadapi keseharian. 

Selanjutnya: Stres Bisa Mendatangkan Penyakit, Kenali Tanda-Tandanya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News