HOME, Bugar

Penderita Usus Buntu Wajib Konsumsi 5 Buah Ini untuk Mengurangi Gejalanya

Penderita Usus Buntu Wajib Konsumsi 5 Buah Ini untuk Mengurangi Gejalanya

MOMSMONEY.ID - Usus buntu adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Melansir Medicine Net peradangan pada usus besar ini sering dikaitkan dengan diare, sakit perut kembung dan juga buang air besar berdarah. 

Peradangan usus dapat disebabkan oleh beberapa faktor, infeksi, kekruangan darah di dalam usus (ischemia), penyakit radang usus besar (Crohns’s disease, ulcerative colitis), reaksi alergi dan adanya invasi dinding usus besar dengan sel darah putih limfositik atau kolagen, dilansir dari Healthline.

Ada beberapa makanan yang dikatakan baik untuk kesehatan penderita inflammatory bowel disease (IBD) atau radang usus. Buah-buahan ini dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dan mempertahankan kondisi usus yang sehat.

Baca Juga: Manfaat dan Kandungan Nutrisi Daun Sereh untuk Kesehatan

1. Buah Naga

Kandungan vitamin A dan vitamin C yang terdapat dalam buah naga ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh anda. Memiliki tekstur yang lembut menjadikan buah ini cocok bagi penderita usus buntu. 

Selain itu, buah naga ini juga rendah kalori serta mengandung serat, mineral, antioksidan, dan juga vitamin yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh anda. 

2. Buah Melon

Buah yang identik dengan warna hijau ini selain memiliki rasa yang enak, namun juga terdapat kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Untuk anda yang menderita penyakit usus buntu, buah melon bisa menjadi alternatif buah-buahan yang dapat dikonsumsi.  

3. Buah Apel

Buah apel ini memiliki manfaat dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan cepat. Sehingga mengonsumsi buah apel ini dapat juga mencegah sembelit. 

Organ usus biasanya akan menjadi lebih bersih dengan mengonsumsi buah apel pasca operasi usus buntu. 

Baca Juga: 5 Jenis Tumor Jinak yang Perlu Diketahui Agar Lebih Waspada

4. Buah Tomat

Memiliki banyak kandungan vitamin dan juga tinggi serat, buah tomat ini menjadi salah satu rekomendasi buah yang harus dikonsumsi oleh penderita usus buntu.  

Tidak hanya itu saja, kandungan air serta teksturnya yang lunak pun ada pada buah tomat yang masih tergolong sayuran ini. 

5. Buah Pir

Apabila anda ingin cepat sembuh dari penyakit usus buntu ini, buah pir dapat dijadikan sebagai salah satu buah yang paling baik untuk dikonsumsi. Kandungan tinggi serat yang ada pada buah pir ini siap memperlancar pencernaan dan juga BAB. 

Selain itu, serat yang ada pada buah pisang ini cukup tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Hal tersebut tentu saja membuat pisang akan dapat membantu kelancaran proses penyembuhan penyakit usus buntu ini secara cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News