Penderita Penyakit Liver Perlu Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Reporter: Helvana Yulian
Rabu, 13 Oktober 2021 | 13:39 WIB
Penderita Penyakit Liver Perlu Mengonsumsi 5 Makanan Ini

ILUSTRASI. Penderita Penyakit Liver Perlu Mengonsumsi 5 Makanan Ini

MOMSMONEY.ID - Penyakit liver bisa menyerang siapa saja. Ketika liver atau hati mengalami gangguan, otomatis kerjanya dalam membersihkan darah dari racun menjadi lebih berat.  

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk menjaga berat badan ideal serta memelihara kekuatan organ tubuh secara keseluruhan adalah hal penting bagi penderita penyakit liver.     

Maka itu, penderita penyakit liver wajib mengonsumsi  makanan sehat dan bernutrisi seimbang. Hal ini penting dalam menunjang kesehatan liver atau hati. 

Melansir laman resmi British Liver Trust, penderita liver perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.  

Pola makan tersebut berguna untuk menjaga kekuatan dan berat badan tetap ideal. Berikut 5 makanan sehat yang wajib dikonsumsi penderita penyakit liver.   

Baca Juga: 5 Jenis Kanker yang Kerap Menghantui Perempuan

1. Buah Anggur

Buah anggur terutama anggur merah dan ungu termasuk makanan yang baik dikonsumsi penderita liver. Studi menunjukkan, penderita penyakit liver yang rutin diberi ekstrak anggur selama tiga bulan fungsi hatinya membaik.   

Anggur mengandung senyawa resveratrol yang potensial mengatasi peradangan, mencegah kerusakan sel, dan meningkatkan antioksidan.

2. Ikan

Ikan berlemak seperti salmon, haring, dan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat untuk organ liver.

Penelitian menunjukkan, mengonsumsi ikan terbukti bisa mencegah penumpukan lemak, menjaga enzim liver normal, sampai melawan peradangan.   

3. Sayuran hijau

Sayuran seperti kale dan kol yang kaya akan sulfur dan mampu membantu hati membuang atau menetralkan racun.  

Tidak cuma vitamin dan mineral, sayuran berdaun hijau juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat melindungi hati dari kerusakan akibat racun radikal bebas.

Klorofil alias pigmen hijaunya bisa mengurangi kadar toksin dan membersihkan hati   

Baca Juga: Daun Sirsak, Tanaman Pembunuh Sel Kanker

4. Kopi dan teh hijau

Sejumlah studi menunjukkan konsumsi kopi bisa melindungi hati dari kerusakan dan menjaga fungsinya tetap optimal. Kopi juga dapat mengurangi risiko kerusakan hati permanen dan sirosis (pengerasan) pada penderita penyakit liver kronis.  

Manfaat kopi ini mungkin berkaitan dengan antioksidan yang dikandungnya. Sama halnya dengan teh hijau, konsumsi teh ini diyakini mengurangi stres oksidatif dan penumpukan lemak di hati.   

5. Kacang kacangan

Kacang termasuk asupan yang tinggi lemak, kaya akan antioksidan, dan vitamin E. Nutrisi yang terkandung dalam kacang tersebut baik untuk menjaga kesehatan liver. 

Studi membuktikan, penderita penyakit liver yang rutin makan kacang enzim hatinya jadi meningkat.   

Selain menerapkan pola makan sehat, orang dengan penyakit liver juga perlu mengontrol berat badannya dan kadar gula darah, serta olahraga rutin. Olahraga yang bisa dilakukan adalah aerobik atau latihan angkat beban. 

Selanjutnya: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Lontar yang Tidak Banyak Diketahui

Editor: Helvana Yulian
Terbaru