HOME, Bugar

Penderita Penyakit Liver Harus Menghindari 5 Makanan Ini

Penderita Penyakit Liver Harus Menghindari 5 Makanan Ini

MOMSMONEY.ID - Bagi penderita penyakit liver seperti hepatitis, perlemakan hati atau bahkan sirosis hati, harus benar-benar memperhatikan asupan makanan sehari-hari.

Sebab jika terus-menerus mengonsumsi makanan pantangan penyakit liver, kondisi yang dialami bisa saja memburuk dan proses penyembuhan akan semakin terhambat. 

Karena fungsi pentingnya, terjadinya kerusakan fungsi hati berakibat fatal untuk kelangsungan hidup seseorang.

Dilansir dari Everyday Health dan Mayo Clinic, beberapa makanan untuk penyakit hati yang wajib dihindari karena dapat memperberat fungsi hati, antara lain sebagai berikut.

Baca Juga: 5 Manfaat Pentingnya Asupan Vitamin E untuk Kesehatan

1. Makanan berlemak

Jika dikonsumsi terlalu banyak, makanan berlemak akan membuat kerja hati menjadi lebih berat. Kebiasaan ini bisa merusak liver sehat, apalagi lliver yang memang sedang terkena penyakit.

2. Makanan Laut

Makanan laut kaya nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, namun mempunyai kadar merkuri yang cukup tinggi. Merkuri ini berasal dari limbah yang kemudian mengalir ke laut.

Oleh karena itu, makanan jenis ini tidak baik bagi pengidap liver atau gejala liver karena menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah menuju liver.

3. Makanan dengan kandungan gula yang tinggi

Salah satu fungsi liver adalah untuk mengubah gula menjadi lemak. Jadi, jika Anda mengonsumsi gula dalam jumlah banyak, tentu pekerjaan liver akan bertambah dan membuat kerusakan semakin parah.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Mint, Bisa Meredakan Asma hingga Mengatasi Sakit Kepala

4. Minuman beralkohol atau bersoda

Satu lagi makanan yang menjadi pantangan bagi penyakit liver karena terbukti berbahaya adalah alkohol dan minuman bersoda.

Alkohol dan minuman bersoda cepat sekali menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan yang kemudian akan merambat menuju hati. 

5. Makanan yang banyak mengandung garam

Mengonsumsi terlalu banyak garam bisa memperparah kondisi penyakit liver. Bahkan, kebiasaan makan yang tidak sehat ini juga bisa memicu terjadinya fibrosis hati yang lama-kelamaan dapat berujung pada sirosis hati.

 Itulah beberapa makanan untuk penyakit hati yang harus segera dihentikan konsumsinya. Organ hati yang sudah rusak tidak akan bisa kembali sehat seperti sedia kala. 

Selanjutnya: Stres Bisa Menjadi Penyebab Utama Migrain, Kenali Penyebab Lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News