HOME, Bugar

Penderita Diabetes Wajib Konsumsi 5 Buah Ini Secara Rutin

Penderita Diabetes Wajib Konsumsi 5 Buah Ini Secara Rutin

MOMSMONEY.ID - Buah-buahan merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Di dalamnya terkandung beragam vitamin, mineral, antioksidan, hingga serat alami yang berperan penting bagi metabolisme tubuh. 

Tak hanya itu, rasa manis dalam buah-buahan berasal dari gula alami dan biasanya memiliki indeks glikemik rendah. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah segar tidak berdampak buruk pada kontrol gula darah. 

Hal inilah yang menjadikan buah-buahan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun, ada baiknya Anda kenali lagi beragam jenis buah untuk diabetes yang memang aman dikonsumsi secukupnya secara rutin. 

Baca Juga: Selain Menyegarkan, Ini Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa jenis buah untuk diabetes yang bisa dijadikan pilihan, dirangkum dari Mayo Clinic dan WebMD.

1. Jambu biji

Buah yang baik untuk diabetes pertama adalah jambu biji. Penelitian menunjukkan bahwa jambu biji mengandung indeks glikemik rendah, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Selain itu, buah tropis ini juga dikenal sebagai sumber vitamin C yang baik serta mengandung beragam nutrisi lain, seperti folat, beta karoten, dan protein. 

2. Jeruk

Buah yang baik untuk diabetes yang kedua adalah jeruk. Jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Bahkan, hanya dengan mengonsumsi satu jeruk, Anda dapat memenuhi 78 persen kebutuhan vitamin C harian. 

Jeruk juga mengandung folat dan kalium yang bisa menjaga tekanan darah tetap stabil. Buah ini juga baik dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena rendah karbohidrat dan kalori. 

3. Ceri

Buah yang baik untuk diabetes yang ketiga adalah ceri. Kandungan antioksidan dan kalium membuat ceri layak dijadikan buah untuk diabetes. Kedua kandungan tersebut dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh penderita diabetes. 

Bahkan, buah ceri kalengan yang biasa dijadikan hiasan kue tart, masih dianggap aman untuk dikonsumsi penderita diabetes, asalkan tidak ditambahkan gula. 

Baca Juga: Selain Menyegarkan, Inilah Sederet Manfaat Semangka untuk Kesehatan

4. Pir

Buah yang baik untuk diabetes yang keempat adalah pir. Selain rendah karbohidrat, pir adalah buah yang tinggi serat. Hal ini membuat pir sebagai salah satu buah untuk diabetes.

Selain dikonsumsi secara langsung, Anda juga dapat mencampur buah ini ke dalam salad atau diolah menjadi jus. 

5. Apel

Buah yang baik untuk diabetes yang terkahir adalah apel. Buah apel telah dipercaya sejak lama dapat mencegah berbagai penyakit. Hal ini karena apel tergolong rendah kalori dan karbohidrat, banyak mengandung serat, dan sumber vitamin C yang baik. 

Bahkan, hanya dari kulitnya saja, buah apel dapat memenuhi hampir 20 persen kebutuhan serat harian dan antioksidan. 

Itulah daftar buah untuk penderita diabetes. Konsumsi secara bijak agar makanan sehat ini tak menjadi bumerang bagi kesehatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News