HOME, Keluarga

Penasaran dengan Usia Kucing Peliharaan? Coba Tentukan Usianya dari Kondisi Giginya!

Penasaran dengan Usia Kucing Peliharaan? Coba Tentukan Usianya dari Kondisi Giginya!

MOMSMONEY.ID - Ketika memelihara kucing, mengetahui usia kucing sangat penting karena berpengaruh pada pemberian makannya. Sebab, memberikan makanan kucing perlu disesuaikan dengan usianya.

Sayangnya, tak semua pemilik mengetahui berapa usia kucingnya, apalagi saat kucingnya masih bayi. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena usia ini bisa diketahui dengan mengamati penampilan fisiknya.

Dilansir dari Catlovers, ketika menentukan usia kucing, paramedik veteriner pasti akan mengamati gigi kucing. Selain itu, cara mengetahui umur kucing yang masih bayi adalah dengan memperhatikan kondisi perkembangan tubuhnya. Penentuan umur anak kucing lebih mudah karena mereka akan menunjukkan tanda-tanda yang lebih jelas.

Baca Juga: Bingung Menentukan Apakah Kucing Sedang Birahi? Ketahui 7 Tandanya Berikut Ini!

Bulan pertama, kucing masih tampak lemah dengan gerakan yang masih kaku dan tak stabil. Pada usia 2 bulan, anak kucing mulai lancar bergerak dan bahkan memiliki semua gigi susu. Usia bulan ketiga dan keenam, anak kucing mulai bertubuh besar dan memiliki gigi permanennya.

Seekor kucing yang sudah memiliki satu set gigi lengkap berwarna putih bersih, kemungkinan besar sudah berusia setahun. Jika giginya mulai menguning, hal ini mengidensikan bahwa kucing mungkin telah berusia sekitar 2 tahun.

Namun, jika gigi sudah terdapat karang gigi atau mulai mengalami radang gusi, kucing kemungkinan berusia 3-4 tahun. Saat kucing sudah dianggap tua, yakni mencapai usia 7-10 tahun, mereka akan mulai kehilangan gigi.

Baca Juga: Ini 6 Manfaat Anjing Peliharaan Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Selain dari gigi, bulu dan mata kucing dapat menjadi penentu usia kucing. Bulu anak kucing akan lebih jarang dan lebih halus. Sementara kucing berusia dewasa akan memiliki bulu yang tebal, panjang, dan terkadang menjadi lebih kasar.

Dari mata, Anda dapat mengetahui usia kucing yang sudah tua. Semakin tua kucing, akan lebih sering menampakkan perbedaan matanya seperti warna yang makin keruh, sering tampak kotoran mata, dan kemampuannya melihat sekitar. Kemampuan mata yang berkurang ini biasanya terjadi pada kucing yang berusia 10 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News