HOME, Keluarga

Pemilik Kulit Kering, Hindarilah 5 Hal Ini Jika Tidak Mau Kulit Jadi Lebih Kering

Pemilik Kulit Kering, Hindarilah 5 Hal Ini Jika Tidak Mau Kulit Jadi Lebih Kering

MOMSMONEY.ID - Kulit kering merupakan salah satu jenis kulit yang sering dikeluhkan oleh para pemiliknya. Bagaimana tidak? Kulit kering rentan akan permasalahan penuaan dini, gatal-gatal, serta tak jarang sulit dibaurkan produk makeup akibat kurangnya kelembaban.

Jadi, Anda jangan sembarangan merawat kulit kering. Untuk merawat kulit kering harus dilakukan menggunakan produk dan cara yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

Nah, bagi para Moms pemilik kulit kering, ada 5 hal yang harus dihindari jika tidak mau kulit Anda semakin kering layaknya gurun. Apa saja? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Wajah Cerah! Ketahui Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit

1. Mengeringkan wajah sebelum menggunakan pelembab

Sebagian dari Moms mungkin akan langsung meraih handuk untuk mengeringkan wajah usai cuci muka. Sebaiknya, hentikanlah kebiasaan tersebut mulai dari sekarang.

Menurut para ahli, waktu terbaik untuk melembabkan wajah adalah tepat setelah wajah dibersihkan dan sebelum wajah dikeringkan. Trik tersebut dilakukan guna membantu kulit mengunci hidrasi sekaligus melembabkannya secara intens.

2. Mandi dengan air panas yang mengepul

Mandi air panas memang sangat menenangkan. Namun, mandi menggunakan air panas terlebih yang masih mengepul akan menghilangkan minyak alami pada kulit. Akibatnya, kulit yang sudah kering akan menjadi semakin kering.

Supaya keremajaan kulit tetap terjaga, gunakanlah air hangat untuk menggantikan air bersuhu sangat panas.

3. Terlalu sering mencuci muka

Membersihkan wajah menjadi rutinitas skincare yang tidak boleh dilewatkan oleh semua jenis kulit. Namun, tidak disarankan bagi siapa pun untuk mencuci muka lebih dari dua kali dalam sehari.

Meski terkesan bersih, namun kebiasaan mencuci muka lebih dari dua kali sehari ampuh untuk menghilangkan minyak alami yang sebenernya dibutuhkan oleh kulit.

Selain tidak boleh dilakukan berlebihan, face wash yang digunakan pun tidak boleh sembarangan. Pastikan untuk memilih face wash yang diformulasikan khusus untuk kulit kering serta mengandung bahan-bahan dan tekstur yang bersifat lembut.

Untuk solusi instan membersihkan wajah usai berolahraga, Moms dapat memanfaatkan produk micellar water untuk menghindari kekeringan kulit lebih lanjut.

4. Terlalu sering memakai makeup matte

Selain skincare, jenis produk makeup juga memainkan peran yang dapat memengaruhi kondisi dan penampilan kulit. Di antara makeup matte dan dewy, manakah produk makeup yang biasa Moms gunakan?

Apabila Moms memiliki kulit bertipe kering, sebaiknya pilihlah produk makeup dewy karena formulanya yang lebih melembabkan daripada makeup matte.

Meskipun makeup matte dinilai lebih populer, namun makeup dengan finish ini hanya akan membuat kondisi dan tampilan kulit menjadi jauh lebih kering dari sebelumnya.

5. Melewatkan penggunaan serum

Bagi para pemilik kulit kering, melewatkan penggunaan serum menjadi hal kelima yang harus dihindari. Pasalnya, serum amatlah bermanfaat untuk menyehatkan dan menghidrasi kulit kering secara serius.

Berkat banyaknya bahan aktif yang terkandung di dalamnya serta teksturnya yang ringan dan berair, serum akan meresap ke dalam kulit dan memberikan hidrasi langsung ke lapisan kulit lebih dalam untuk menciptakan kelembaban yang lebih baik.

Jadi, pastikan untuk tidak lupa menggunakan serum sebelum menggunakan pelembab, ya, Moms.

Nah, itulah 5 hal yang harus dihindrasi oleh para pemilik kulit kering guna mencegah kekeringan pada kulit menjadi semakin parah. Selain menghindari kelima hal di atas, jangan lupa juga untuk rajin minum air putih setidaknya 8 gelas per hari supaya kulit dapat terhidrasi dari dalam.

Selanjutnya: Catat! Inilah 5 Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Kulit Wajah Semakin Kering

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News