HOME, Keluarga

Pemerintah Memperpanjang PPKM Level 4 di Jawa-Bali Hingga 23 Agustus 2021

Pemerintah Memperpanjang PPKM Level 4 di Jawa-Bali Hingga 23 Agustus 2021

MOMSMONEY.ID - Pemerintah memutuskan memperpanjang lagi masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 hingga 4, di kawasan Pulau Jawa dan Bali. Perpanjangan yang diumumkan malam ini, Senin (16/8) akan kembali dievaluasi pada 23 Agustus 2021 mendatang.

"Berdasarkan evaluasi yang dilakukan atas arahan dan petunjuk Presiden Republik Indonesia, maka PPKM level 4,3, dan 2 di Jawa Bali akan diperpanjang sampai tanggal 23 Agustus," jelas Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat konferensi pers, Senin (16/8).

Dalam masa PPKM yang terakhir, sebanyak 8 Kabupaten/Kota berhasil menurunkan level PPKM dari level 4 ke level 2. Berdasarkan hal itu sebanyak 61 Kabupaten/Kota di Jawa dan Bali menerapkan PPKM level 3 dan 2.

Pada seminggu ke depan, dalam pelaksanaan perpanjangan PPKM tanggal 16 - 23 Agustus 2021, Pemerintah menambah pelonggaran. Salah satunya, adalah menaikkan jumlah pengunjung mal menjadi 50% dari kapasitas mereka, untuk daerah PPKM level 4. Utamanya, yang sudah melakukan uji coba pembukaan mal, yakni aglomerasi Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang. Sebelum ini, mal hanya boleh menerima 25% pengunjung dari kapasitas mereka. 

Baca Juga: Moms, Sebaiknya Lakukan Ini untuk Menghindari Antrian di Pintu Masuk Mal Selama PPKM

Pelonggaran juga diberikan kepada restoran yang sebelumnya hanya melayani pesan antar dan take away. Pada penerapan PPKM kali ini pemerintah membolehkan aktivitas makan di tempat bagi restoran dan kafe.

"Kami akan menutup bila ada yang melanggar ketentuan ini, kami tidak akan kompromi mengenai ini," terang Luhut.

Luhut menjelaskan dari uji coba sebelumnya, penggunaan aplikasi Pedulilindungi berjalan dengan baik dalam memantau pengunjung mal dan pusat belanja. Sebanyak 619 orang ditolak memasuki mal dan pusat belanja oleh sistem.

Pelonggaran juga diberikan bagi industri berorientasi ekspor dan dalam negeri. Industri tersebut dapat beroperasi 100% dengan mnimal menerapkan dua shift.

"Total karyawan yang akan mengikuti uji coba ini mencapai lebih dari 390.000 orang," ungkap Koordinator penanganan Covid-19 di Jawa dan Bali tersebut.

Baca Juga: Hati-hati, Ini Bahaya Cetak Sertifikat Vaksin

Olahraga individu luar ruangan dan olahraga dengan jumlah orang tak lebih dari 4 orang dapat kembali dibuka. Kapasitas tempat ibadah pun akan ditingkatkan menjadi 50% dalam PPKM kali ini.

Sebagai informasi, Luhut menyebut PPKM di Jawa dan Bali berjalan efektif, meski belum cukup mengendalikan penyebaran virus. Hal itu terlihat dari kasus aktif Covid-19, yang turun 53% dari puncak kasus. Penambahan jumlah kasus juga sudah mengalami penurunan sampai 76%.

Selanjutnya: Jelang Hari Kemerdekaan RI, IHSG Loyo

Berita ini sudah turun di Kontan.co.id dengan judul PPKM level 4 Jawa Bali diperpanjang: Kapasitas mal boleh sampai 50% (https://nasional.kontan.co.id/news/ppkm-level-4-jawa-bali-diperpanjang-kapasitas-mal-boleh-sampai-50)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News