Santai

Pemerintah Buru Bjorka, Begini Cara Cek Kebocoran Data!

Pemerintah Buru Bjorka, Begini Cara Cek Kebocoran Data!

MOMSMONEY.ID -  Baru-baru ini Pemerintah mengakui adanya kebocoran data. Tak hanya itu, Indonesia tengah dihebohkan oleh peretas dengan identitas Bjorka. Peretas ini bahkan membeberkan data pribadi Menteri Komunikasi dan Informasi Johny G Plate hingga terduga pelaku pembunuh Munir. 

Sebelumnya, Bjorka mengakui telah melakukan pembobolan data masyarakat yang diperjual-belikan. Tentu ini perlu menjadi perhatian kita semua. 

Baca Juga: Mahfud MD: Belum Ada Rahasia Negara yang Bocor

Pemerintah saja bisa mengalami kebocoran data, apalagi kita? Tentu Moms pernah berpikir seperti ini. Nah, untuk melihat benarkah data Anda bocor, Moms bisa melakuan pengecekan melalui periksadata.com. Anda bisa dengan mudah cek kebocoran data pribadi lewat HP. 

Anda hanya tinggal masuk ke laman tersebut, lalu masukkan email. Jika data pribadi bocor, Anda akan mengetahui lewat aplikasi apa data tersebut bocor, lengkap dengan tanggal kejadian, hingga data apa saja yang bocor. 

Jika data Anda bocor, Moms perlu mengubah password dan aktifkan verifikasi dua langkah menggunakan authenticator app.

Moms juga bisa menggunakan fasilitas password manager di perangkat Anda untuk menyimpan banyak password untuk mencegah jika Anda lupa. 

Baca Juga: Waspada, Begini Cara Mencegah Social Engineering!

Mengutip kompas.com, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa situs untuk periksa kebocoran data lewat HP. Situs tersebut antara lain haveibeenpwned.com, avast.com/hackcheck/, dehashed.com, dan monitor.firefox.com. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News