Keluarga

Pemerintah Bakal Bagikan Kompor Listrik, Ini Hal Yang Perlu Anda Perhatikan!

Pemerintah Bakal Bagikan Kompor Listrik, Ini Hal Yang Perlu Anda Perhatikan!

MOMSMONEY.ID - Pemerintah berencana membagikan 300.000 kompor listrik kepada masyarakat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penggunaan gas elpiji 3 kg yang saat ini memakan subsidi cukup besar. Uji coba tengah dilakukan oleh PLN dan akan dibagikan gratis ke tiga kota yaitu Denpasar, Solo dan Sumatera Utara.

Penggunaan kompor listrik atau kompor induksi tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Pada artikel sebelumnya, Momsmoney telah membahas kelebihan menggunakan kompor listrik. Sekarang, yuk kita bahas kekurangan menggunakan kompor listrik!

Baca Juga: Pemerintah Dorong Penggunaan Kompor Listrik, Apa Kelebihannya?

Melansir femina.in, berikut kekurangan dari penggunaan kompor listrik yang perlu Moms ketahui!

Membutuhkan waktu yang lebih lama. Kompor listrik membuat waktu memasak Anda lebih lama. Perubahan suhu pada kompor ini tidak langsung bisa panas seperti kompor gas.

Mudah meninggalkan noda. Jika ada noda yang jatuh di kompor listrik dan tidak segera Anda bersihkan maka akan sulit untuk dibersihkan. Selain itu kompor listrik juga mudah tergores.

Panas bisa jadi tidak merata. Hal ini bisa terjadi jika Anda menggunakan kompor model lama. Tentu jika hal ini terjadi, apalagi Anda terbiasa menggunakan kompor biasa, akan menjadi hambatan untuk memasak. 

Terbatas pada alat masak tertentu. Kompor ini hanya bisa digunakan dengan alat masak tertentu yang sudah kompatibel. Jika Anda berencana membeli kompor listrik, maka Anda mungkin perlu membeli alat masak baru. Melansir Kompas.com, alat masak yang kompatibel berbahan keramik, stainless steel,  baja karbon dan besi cor. Tentu juga Anda harus mencari alat masak yang bagian bawahnya berbentuk datar, sehingga wajan tentu tidak cocok untuk alat ini. 

Baca Juga: PLN: Dengan Kompor Listrik, Masyarakat Bisa Hemat Rp 8.000 Per Kg

Siap-siap dengan melonjaknya tagihan listrik. Meski awalnya lebih murah biaya, ini bisa menjadi bumerang jika Anda menggunakan kompor listrik yang lebih canggih. Alat listrik yang lebih canggih akan membutuhkan daya yang lebih besar, ditambah lagi waktu memasak yang lebih lama membuat tagihan listrik juga akan naik. 

Memiliki risiko. Tentunya jika Anda lupa meletakan tangan di dekat area memasak, tentu akan menyebabkan luka bakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News