HOME, BisnisYuk

Peluang Usaha Hotel Hewan yang Bisa Menghasilkan Cuan

Peluang Usaha Hotel Hewan yang Bisa Menghasilkan Cuan

MOMSMONEY.ID -  Usaha penitipan hewan bukan jenis usaha baru. Seiring dengan makin berkembangnya pehobi hewan khususnya kucing dan anjing, usaha penitipan anabul alias anak bulu ini pun ikut bertumbuh.

Belakangan, yang membuka layanan ini bukannya hanya pemilik pet shop semata. Banyak yang memang sengaja membuka layanan khusus penitipan hewan. Pemilik jasa ini, tidak lagi menggunakan istilah penitipan hewan melainkan pet hotel. Selain lebih keren, istilah pet hotel juga lebih mengesankan layanan yang lebih baik.

"Pecinta hewan, seperti kucing dan anjing, sudah menganggap anabul bagian dari keluarga. Jadi ketika mencari tempat penitipan, pasti mencari tempat yang bisa memperlakukan anabul mereka seperti keluarga juga," kata Daniel Ferdinand Getaford Lubis, pemilik Domu Pet Hotel.

Baca Juga: 5 Alasan Kucing Tiba-Tiba Mengabaikan Anda

Domu Pet Hotel yang berlokasi di Bogor ini hanya memberikan layanan khusus penitipan hewan. Tidak terafiliasi dengan usaha lain seperti pet shop atau klinik hewan. Pet hotel ini berdiri Mei tahun 2020. Sang pemilik, Daniel dan Adi Sihombing, membuka hotel khusus anabul karena permintaan akan penitipan hewan yang nyaman cukup tinggi.

"Kami sendiri pecinta hewan. Ketika ingin menitipkan peliharaan, kami kesulitan mencari penitipan yang nyaman dan memperlakukan mereka seperti kami," jelas Daniel.

Karena itulah Daniel membuka Domu Pet Hotel dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Di pet hotelnya ini ada kandang yang nyaman dan bersih, makanan premium, dan minuman air matang, vitamin, pasir gumpal untuk buang air, ruangan full AC, pengawasan 24 jam, playground, dan mandi bersih dan sehat.

Baca Juga: Anjing Peliharaan Tampak Lesu, Mungkin Ini 5 Penyebabnya

"Layanan yang kami berikan sama dengan layanan yang pemilik berikan di rumah. Tidak sekadar di kandang diberi makan minum seadanya," tutur Daniel.

Meski terbilang baru, karena buka saat pandemi Covid-19 berlangsung, Domu Pet Hotel ternyata sudah ramai peminat. Yang menjadi pelanggan pet hotel ini tidak hanya dari Bogor tetapi juga pemilik hewan dari Jakarta.

Pemilik Habitat Satwa Pet Hotel Kimalimsy juga merasakan peningkatan permintaan pet hotel.

"Sebab menitipkan hewan kesayangan kan tidak hanya saat liburan hari raya, seperti sekarang. Banyak jenis liburan dan bepergian yang membutuhkan jasa penitipan hewan," ujar Kimalimsy, yang juga seorang dokter hewan.

Apalagi belakangan ini, di masa pandemi Covid-19, mereka yang punya anabul, khususnya kucing makin banyak. Tentu ini menjadi peluang usaha penitipan hewan.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Kucing Kesayangan, 6 Jenis Penyakit Ini Rentan Menyerang Anak Kucing

"Karena mungkin yang suka hewan hanya anaknya. Ibu kurang suka. Ketika pemiliknya ingin pergi mereka pasti akan memilih menitipkan peliharaan mereka di hotel hewan," jelas Kimalimsy yang membuka pet hotel di Surabaya ini.

Kimalimsy sudah menjalankan usaha ini selama dua setengah tahun. Tidak sebatas pet hotel, ia juga punya klinik hewan, pet shop, dan salon hewan. Jadi one stop service untuk hewan kesayangan.

Habitat Satwa Pet Hotel menawarkan harga mulai Rp 75.000 sampai Rp 90.000 per hari untuk penitipan kucing. Layanan yang diberikan antara lain makan dan minum, pemeriksaan dokter, dan laporan tiap hari.

"Daily report penting. Karena pemilik hewan itu memperlakukan anabul sebagai anak, jadi biar mereka tenang ketika liburan," katanya.

Habitat Satwa Pet Hotel memiliki kapasitas hampir 30 kandang untuk kucing. Setiap hari tingkat keterisian kandang sampai 90%. Jika hari raya seperti Lebaran, ia harus menambah hingga 20 kandang untuk memenuhi permintaan. Konsumen harus pesan tempat dulu.

"Jadi untuk penitipan pada Lebaran sudah kami buka sebulan sebelumnya, dan langsung penuh," jelas Kimalimsy.

Baca Juga: Ingin Ajak Kucing Bermain? Ini Beberapa Macam Permainan Favoritnya

Hal serupa juga dialami oleh Domu Pet Hotel. Di bulan biasa, tingkat keterisiannya sampai 200 hari per bulan, untuk anjing dan kucing. Sedangkan libur lebaran 2022 ini, reservasinya sudah penuh sejak bulan lalu. "Sampai sekarang, masih ada saja yang mau titip. Tapi untuk Lebaran tahun ini kuota kucing full," kata Daniel.

Domu Pet Hotel menyediakan kapasitas penitipan sebanyak 12 ekor kucing dan 13 ekor anjing. Biaya penitipan yang dikenakan Domu Pet Hotel Rp 75.000 per 24 jam untuk kucing. Sedangkan untuk anjing mulai Rp 125.000 sampai Rp 175.000 per 24 jam.

"Kami membuka kuota tambahan asal ada deal khusus. Kandang yang kami miliki sudah permanen, nah untuk kouta tambahan kita kasih kandang yang non permanen," ujar Daniel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News