HOME, BisnisYuk

Peluang Mengembangkan Bisnis Usai Pandemi, Begini Caranya

Peluang Mengembangkan Bisnis Usai Pandemi, Begini Caranya

MOMSMONEY.ID - Mengembangkan bisnis setelah pandemi melanda tanah air selama dua tahun lebih memang tidak mudah. ShopeePay, layanan pembayaran digital yang berkomitmen mendorong akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis dan konsumen di seluruh Indonesia, bulan lalu meluncurkan buku panduan UMKM berjudul Bisnis Bangkit Bersama Shopeepay menggelar sesi diskusi virtual melalui kanal Instagramnya bersama Nova Dewi selaku Founder Suwe Ora Jamu dan Giorrando Grissandy selaku Co-Founder agensi marketing Garis Temu,

Menurut Nova Dewi, riset pasar adalah kunci dari penentuan harga jual produk yang tepat yang wajib dilakukan oleh setiap pelaku bisnis saat memulai usaha atau memperkenalkan produk baru ke pasar.

Dia bilang, riset pasar sangat membantu dalam berbagai informasi mengenai kompetitor yang sudah lebih dulu hadir di pasar, sehingga harus dilakukan oleh pelaku UMKM saat memperhitungkan harga jual suatu produk. Harga produk yang telah ditetapkan oleh kompetitor bisa memberikan gambaran mengenai letak kedudukan produk di pasar nantinya.

"Setelah mengetahui harga yang umum untuk suatu produk, bisa dipertimbangkan apabila ingin memberikan harga premium yang lebih tinggi, atau bersaing dengan harga yang lebih rendah atau sepadan,” jelas Nova. 

Baca Juga: Rawan Berdebu, Simak Tips Membersihkan dan Merawat Gorden di Rumah

Bagi pelaku UMKM yang baru memulai bisnisnya, Nova mengatakan bahwa keberanian mereka pasti akan disambut hasil yang baik apabila mereka memiliki sikap pantang menyerah serta kemauan untuk belajar.

“Jangan takut untuk mengambil keputusan, karena kita bisa melakukan evaluasi secara berkala dan mengukur apabila harga yang ditentukan sudah tepat atau perlu penyesuaian. Hal seperti itu merupakan bagian dari berbisnis, dan kita akan selalu mempelajari hal baru dari setiap keputusan yang kita ambil,” tambah Nova. 

Dalam pembahasan mengenai digital marketing, menurut Giorrando Grissandy, cara promosi paling efektif adalah dengan mengenal target pasar secara baik dan mendalam. Pemahaman pelaku bisnis mengenai perilaku target pasarnya akan menentukan berbagai hal, termasuk penggunaan kanal komunikasi yang sesuai dengan preferensi demografi yang disasar.

Digital marketing berkaitan langsung dengan konten digital untuk mempromosikan suatu jasa atau produk. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan mengenai tipe konten yang disukai oleh target pasar kita, dan kita bisa mulai mencoba mengambil perhatian mereka dengan cara tersebut,” jelas Giorrando. 

Baca Juga: Hari Terakhir! Staycation dengan Diskon Hotel s.d Rp270.000 di hotelmurah.com

Seseorang atau bisnis yang dapat disebut sebagai ahli marketing adalah pihak yang paham cara menarik perhatian. “Baik itu melalui tulisan, gambar, maupun video, harus dipastikan bahwa konten yang kita rancang akan menarik perhatian target pasar kita dan menginformasikan mereka tentang produk yang kita tawarkan. Satu tipe konten yang dibuat dengan baik dan tepat akan memiliki dampak yang lebih besar dibandingkan beragam konten yang dibuat tanpa pemahaman target pasarnya,” tambah Giorrando. 

Shopee terus berkomitmen untuk menjadi kawan dari perjalanan jutaan UMKM di Indonesia. Selain meluncurkan buku panduan, Shopee juga fokus untuk meningkatkan keterampilan digital UMKM lokal melalui program, seperti Bimbel Shopee dan Kampus UMKM Shopee yang kini telah hadir pada 9 kota di Indonesia. Puluhan ribu UMKM lokal telah dilatih dalam program ini dan dapat berdaya bagi komunitas sekitar mereka. 

Baca Juga: Coba 7 Cara Efektif Ini Untuk Memperbaiki Rasa Masakan yang Terlalu Asin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News